Bacaan Niat Mandi Besar Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Tolak Bala Rebo Wekasan

- 13 September 2023, 14:04 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat mandi besar lengkap dengan tata cara dan doa tolak bala bisa untuk dibacakan ketika Rebo Wekasan.
Ilustrasi - Bacaan niat mandi besar lengkap dengan tata cara dan doa tolak bala bisa untuk dibacakan ketika Rebo Wekasan. /Unsplash/Geetanjal Khanna

BERITA DIY - Berikut informasi bacaan niat mandi besar lengkap dengan tata cara dan doa tolak bala bisa untuk dibacakan ketika Rebo Wekasan.

Tradisi tolak bala di akhir bulan Safar atau Rebo Wekasan ini banyak dibicarakan amalan hingga doa yang harus dibaca.

Termasuk doa niat mandi besar saat bulan Safar dan bagaimana tata cara mandi besar saat Rabu Wekasan.

Mengutip dari laman Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang, tambakberas.com, Rebo Wekasan merupakan sebuah tradisi namun bukan dalam Syariat Islam.

Baca Juga: Niat Mandi Bulan Safar Beserta Artinya untuk Dibaca pada Rebo Wekasan Lengkap Tata Cara Mandi Wajib Islam

Sebagai tradisi yang positif seperti di dalamnya seperti menganjurkan sholat, berdoa, bersedekah hingga menghormati para wali.

Hukum ibadahnya sangat bergantung pada tujuan dan teknis pelaksanaan. Jika niat dan pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan syariat, maka hukumnya boleh. Tapi bila terjadi penyimpangan (baik dalam keyakinan maupun caranya), maka hukumnya haram.

Selain itu ada pula pada kepercayaan Rebo Wekasan bersuci dengan mandi besar untuk menolak bala di hari Rabu akhir Safar.

Berikut doa cara mandi junub di bawah ini lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x