Apa Itu Tradisi Kawin Tangkap di Sumba Barat Daya, Harga Belis, dan Tata Cara Perkawinan Adat Sumba

- 8 September 2023, 20:45 WIB
Mengenal tradisi kawin tangkap di Sumba adalah apa dianggap melanggar HAM, tata cara perkawinan adat Sumba, berapa harga belis orang Sumba.
Mengenal tradisi kawin tangkap di Sumba adalah apa dianggap melanggar HAM, tata cara perkawinan adat Sumba, berapa harga belis orang Sumba. /Tangkap layar Instagram.com/@memomedsos

 

BERITA DIY - Berikut info apa itu tradisi kawin tangkap di Sumba, tata cara perkawinan adat Sumba dan berapa harga belis orang Sumba.

Telah viral video seorang perempuan di Wewewa Barat, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) diambil paksa oleh sekelompok lelaki yang mengenakan pakaian adat Sumba.

Disebut, pengambilan paksa perempuan yang terjadi pada Kamis 7 September 2023 tersebut merupakan aksi tradisi kawin tangkap di Sumba.

Istilah tradisi kawin tangkap Sumba adalah saat seorang perempuan 'diculik' dan 'dipaksa' menikah dengan alasan yang diklaim legal secara budaya.

Baca Juga: Arak Madu Kalimantan Apakah Halal? Ini Manfaat dan Harga Arak Viral Disertai Efeknya Jika Diminum

Lalu, bagaimana tata cara perkawinan adat Sumba?

Dikutip dari Trip Sumba, sebuah tradisi pernikahan atau tata cara perkawinan adat Sumba dilakukan dengan beberapa tahapan.

Bagi keluarga beragama Kristen di Sumba, tata cara perkawinan adat wajib didahulukan sebelum proses ke dalam pernikahan Gereja.

Proses pertama dalam tradisi pernikahan adat Sumba yang disebut Deke Mawinne artinya ambil perempuan adalah dengan menanyakan berapa harga belis calon mempelai wanita.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x