Cara Cek BI Checking, Skor - Riwayat Data Utang SLIK OJK dan Alasan Kenapa Jadi Syarat Daftar Kerja

- 24 Agustus 2023, 11:07 WIB
Ilustrasi- Wawancara kerja terkait BI Checking, cara cek BI Checking di idebku.ojk.go.id, melihat skor hingga riwayat data utang SLIK OJK dan alasan kenapa jadi syarat daftar kerja.
Ilustrasi- Wawancara kerja terkait BI Checking, cara cek BI Checking di idebku.ojk.go.id, melihat skor hingga riwayat data utang SLIK OJK dan alasan kenapa jadi syarat daftar kerja. /Pexels.com/@Andrea Piacquadio
 
BERITA DIY - Berikut cara cek BI Checking, melihat skor hingga riwayat data utang SLIK OJK dan alasan kenapa jadi syarat daftar kerja.
 
Inilah alasan kenapa BI Checking yang digunakan untuk cek skor hingga riwayat data utang SLIK OJK menjadi syarat daftar kerja.
 
Saat ini banyak perusahaan yang memberlakukan seleksi kerja berdasarkan BI Checking, berikut inilah cara cek skor dan riwayat data utang di SLIK OJK.
 
BI Checking adalah sistem untuk cek skor hingga riwayat data utang SLIK OJK, apakah pembayaran kredit dalam status lancar, perlu perhatian khusus, atau bahkan macet tidak dibayarkan.
 
 
Lantas kini banyak perusahaan terutama yang bergerak dibidang keuangan akan melihat BI Checking seorang pelamar sebagai syarat lamar daftar kerja.
 
Sejumlah perusahaan memiliki alasan kenapa BI Checking menjadi syarat daftar kerja yaitu, untuk melihat tanggung jawab dari setiap pegawai tersebut.
 
Perusahaan tidak melarang seseorang memiliki utang, tetapi melalui BI Checking akan terlihat riwayat pembayaran kredit tersebut apakah mengalami keterlambatan atau tidak.
 
Namun dengan BI Checking juga, perusahaan dapat melihat nilai integritas seorang pelamar kerja apakah bisa menyelesaikan pinjaman tepat pada waktunya.
 
 
Karena dengan hal itu ditakutkan, jika seorang pegawai yang terlilit utang akan melakukan tindak korupsi apabila sudah diterima bekerja.
 
Maka dengan itu para pencari kerja diharapkan dapat menyelesaikan masalah utang agar tidak menjadi penghambat ketika daftar kerja.
 
Berikut inilah cara cek BI Checking, sistem untuk melihat skor hingga riwayat data utang SLIK OJK secara online di HP.

Cara Cek BI Checking

1. Kunjungi situs resmi idebku.ojk.go.id
 
2. Klik "Pendaftaran"
 
3. Pada Cek Ketersediaan Layanan isi data berikut:
 
- Jenis debitur
- Kewarganegaraan debitur
- Jenis identitas debitur
- Nomor identitas debitur
- Isi captcha keamanan yang disediakan sistem
 
 
4. Pilih " Selanjutnya"
 
5. Masukkan data diri secara lengkap
 
6. Isi proses BI Checking
 
7. Upload foto KTP untuk WNI atau Paspor bagi WNA
 
8. Unggah foto diri sesuai intruksi sistem
 
9. Selanjutnya akan mendapatkan email resmi dari OJK berisikan nomor pendaftaran
 
10. Kembali masuk ke situs idebku.ojk.go.id
 
 
11. Pilih  "Status Layanan"
 
12. Isikan "Nomor Pendaftaran" yang dikirim melalui email
 
13. Isikan captcha sesuai dengan contoh
 
14. Pilih "Lihat Status Layanan"
 
15. OJK akan memproses hasil BI Checking paling lambat 1 hari kerja pasca pendaftaran
 
Demikianlah cara cek BI Checking, melihat skor hingga riwayat data utang SLIK OJK dan alasan kenapa jadi syarat daftar kerja.***

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x