Cara Cek BI Checking Online bagi Fresh Graduate Agar Lolos Seleksi Lowongan Kerja

- 22 Agustus 2023, 15:21 WIB
Ilustrasi. Cara cek BI Checking secara online, apa saja syaratnya ketika viral banyak fresh graduate tak diterima loker karena tak lolos BI Checking.
Ilustrasi. Cara cek BI Checking secara online, apa saja syaratnya ketika viral banyak fresh graduate tak diterima loker karena tak lolos BI Checking. /PEXELS/Zen Chung

 

BERITA DIY - Berikut informasi lengkap tentang cara cek BI Checking online, BI Checking adalah apa, dan apa itu BI Checking bagi fresh graduate.

Telah viral di Twitter atau X usai sejumlah lulusan baru atau fresh graduate tak diterima di seleksi lowongan kerja karena mempunyai BI Checking yang buruk.

Memang benar adanya, salah satu syarat lolos seleksi loker adalah dengan memeriksa BI Checking calon pegawai. Meski tidak semua perusahaan menerapkannya.

Dikutip dari ANTARA Jumat 18 Agustus 2023, dari data Otoritas Jasa Keungan (OJK) bahwa anak muda merupakan kelompok yang banyak tidak lolos BI Checking karena hutang paylater.

Baca Juga: Cara Cek BI Checking Online Lewat HP di idebku.ojk.go.id, Kini Bernama SLIK OJK: Ini Kategori Nilai Kotor

Apa itu BI Checking?

Kekinian, BI Checking disebut dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK OJK adalah sistem informasi yang mengawasi, dan mencatat skor nomor induk kependudukan NIK KTP warga dalam bidang keuangan.

Saat cek BI Checking, status kredit seseorang akan diketahui dengan rinci. Sebagai pertimbangan pihak lain untuk memberikan kredit atau menerima pegawai bekerja di bidang keuangan.

Agar lolos cek BI Checking, diimbau agar menghindari utang yang tidak perlu. Jika terpaksa berutang, silakan ajukan di lembaga keuangan atau pembiayaan yang sudah terverifikasi OJK. Serta pastikan tidak gagal bayar angsuran kredit.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x