Malam Jumat Kliwon Kenapa Dianggap Keramat? Link Nonton Film Suzzanna Download Kualitas HD

- 28 Juli 2023, 22:24 WIB
Ini alasan malam Jumat kliwon kenapa dianggap keramat, dan link nonton film Suzzanna 1986 asli bisa download kualitas HD.
Ini alasan malam Jumat kliwon kenapa dianggap keramat, dan link nonton film Suzzanna 1986 asli bisa download kualitas HD. /Tangkap layar Instagram.com/@sorayaintercinefilms

BERITA DIY - Berikut penjelasan malam Jumat kliwon kenapa dianggap keramat, dan link nonton film Suzzanna bisa download kualitas HD?

Dalam mitos Jawa, malam Jumat kliwon dikenal keramat. Oleh karena itu, sejumlah karya budaya pop dari cerita pendek, novel hingga film yang membungkus malam Jumat kliwon dengan berbagai kisah mistis mengerikan.

Nah, kenapa malam Jumat kliwon dianggap keramat atau mengerikan? Dalam mitos masyarakat Jawa, malam Jumat kliwon dianggap waktu makhluk gaib keluar dan bergentayangan.

Biasanya, waktu malam Jumat Kliwon adalah setelah maghrib hingga pukul 00.01. Ada yang menyebut pula hingga waktu sahur yakni 3.30 pagi.

Baca Juga: Link Nonton Jujutsu Kaisen Season 2 Episode 4 Subtitle Indonesia: Kisah Satoru Gojo dan Suguru Geto!

Adapun tradisi malam Jumat kliwon yakni berpuasa 40 hari. Dari Jumat kliwon ke Jumat kliwon selanjutnya di bulan lain.

Selama Jumat kliwon, orang tua zaman dahulu kerap melarang anak-anaknya untuk bepergian, karena bisa mendapat celaka.

Selain itu, takhayul malam Jumat kliwon juga menyebut jika malam tersebut menjadi waktu yang cocok untuk meditasi.

Sebelumnya, kliwon adalah hari pasaran di kalender Jawa. Selain itu ada Legi, Pahing, Pon, Wage. Sementara Jumat adalah hari keenam dari tujuh hari dalam sepekan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x