Apa Itu Halo Effect yang Viral di TikTok? Ini Penjelasan secara Psikologis

- 15 Juli 2023, 12:40 WIB
Ilustrasi. Pertemuan, apa itu Halo Effect yang sedang viral di TikTok lengkap penjelasan psikologis.
Ilustrasi. Pertemuan, apa itu Halo Effect yang sedang viral di TikTok lengkap penjelasan psikologis. /PIXABAY/ jamesoladujoye/

BERITA DIY - Ketahui apa itu Halo Effect yang sedang viral di TikTok lengkap dengan penjelasan secara psikologis, berikut ini.

Saat ini sedang viral di TikTok pembahasan tentang Halo Effect. Banyak warganet yang tentu penasaran dengan apa itu Halo Effect.

Pembahasan tentang Halo Effect ini berkaitan dengan kehidupan manusia, di mana banyak kreator yang membagikan tips bagaimana cara agar kita lebih dihargai, dicintai dan perkataan ini selalu didengar.

Jawaban dari segara persoalan tersebut ada dalam Halo Effect, tak sedikit pula yang memberikan peenjelasan manfaat menerapkan personal branding dan halo effect.

Baca Juga: Apa Itu Anopheles yang Sebabkan Prajurit Kostrad TNI di Papua Meninggal? Awas Gigitannya Berbahaya

Lantas, apa itu Halo Effect yang sedang viral di TikTok tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya terutama dari sisi psikologi.

Dilansir dari laman psikologi.unnes.ac.id, Drs. Sugeng Hariyadi, S.Psi., M. Si, salah satu Dosen Psikologi UNNES menjelasakan bahwa fenomena Halo Effect adalah sebuah bias kognitif yang dapat mempengaruhi bagaimana kita menilai berbagai sifat seseorang

Secara sederhana, Halo Effect juga berarti kita seperti melakukan judgement terhadap orang yang baru kita jumpai hanya berdasarkan apa yang kita lihat pertama kali dari orang lain.

Lebih lanjut, ia menjelasakan bahwa halo effect dapat memberikan dampak positif dan negatif, tergantung bagaimana asumsi instan yang terbangun dalam diri kita terhadap siapapun.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x