BMKG Prediksi El Nino Terjadi Agustus hingga Akhir Tahun 2023, Apa Dampak yang Terjadi di Indonesia?

- 11 Juni 2023, 13:20 WIB
BMKG prediksi El Nino terjadi Agustus hingga akhir tahun 2023. Pemerintah jelaskan dampak dan berikan imbauan untuk masyarakat agar hemat air.
BMKG prediksi El Nino terjadi Agustus hingga akhir tahun 2023. Pemerintah jelaskan dampak dan berikan imbauan untuk masyarakat agar hemat air. /freepik.com/@jcomp

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai BMKG prediksi El Nino terjadi Agustus hingga akhir tahun 2023. Pemerintah jelaskan dampak dan berikan imbauan untuk masyarakat. 

Dikutip dari laman iklim.ntb.bmkg.go.id El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia. 

Intinya El Nino dapat memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum. Fenomena El Nino diperkirakan mulai terjadi menjelang Bulan Agustus hingga akhir tahun 2023.

Hasil kajian dari tahun 1900 sampai tahun 1998 mengungkapkan bahwa El-Nino telah terjadi sebanyak 23 kali. Rata-rata El Nino terjadi setiap 4 tahun sekali.

Baca Juga: Apa Itu El Nino yang Disebut BMKG Bakal Bikin Kemarau Indonesia 2023 Lebih Kering?

Dampak El Nino adalah semakin berkurangnya curah hujan di sebagian wilayah Indonesia selama periode musim kemarau ini.

Bahkan, sebagian wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami curah hujan dengan kategori di bawah normal atau lebih kering dari kondisi normalnya.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x