Apa Itu El Nino yang Disebut BMKG Bakal Bikin Kemarau Indonesia 2023 Lebih Kering?

- 29 Januari 2023, 13:40 WIB
Ilustrasi kekeringan. Apa itu El Nino yang disebut BMKG bakal bikin kemarau Indonesia 2023 lebih kering, apa penyebab El Nino dan apa saja jenisnya.
Ilustrasi kekeringan. Apa itu El Nino yang disebut BMKG bakal bikin kemarau Indonesia 2023 lebih kering, apa penyebab El Nino dan apa saja jenisnya. /Pixabay/ Jose Antonio Alba

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu El Nino yang disebut BMKG bakal bikin kemarau Indonesia 2023 lebih kering, apa penyebab El Nino dan apa saja jenisnya.

Ketahui di sini apa itu El Nino istilah iklim dunia yang disebut BMKG akan memberi dampak kemarau di Indonesia 2023.

Kabarnya dampak dari El Nino ini akan membuat iklim di Indonesia salah satunya akan terjadi kemarau lebih kering.

Dikutip dari ANTARA Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan tentang mitigasi kemarau kering.

Baca Juga: Daftar Istilah Iklim: Apa Perbedaan La Nina dan El Nino yang Bisa Terjadi di Indonesia?

"Mulai saat ini mumpung hujannya masih ada, kami sampaikan agar seluruh pihak dan seluruh masyarakat berupaya bersama dengan pemerintah daerah memanen air hujan," ujar Dwikorita Karnawati dikutip dari ANTARA Jumat, 27 Januari 2023.

Dwikorita Karnawati juga menjelaskan fenomena El Nino lemah yang terjadi tahun ini menyebabkan kondisi kemarau yang lebih kering dibandingkan tiga tahun terakhir.

Situasi tersebut bisa mengakibatkan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga pencegahan harus dilakukan sejak dini sebagai bentuk antisipasi.

Lalu Apa El Nino hingga memiliki dampak kemarau Indonesia 2023 lebih kering seperti yang dirilis BMKG?

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x