Turun Tipis! Ini Harga Sawit TBS dan CPO Terbaru 2023 Periode 1-15 Juni di Sumatera, Sulsel, Kaltim, Riau

- 11 Juni 2023, 10:40 WIB
Harga sawit  TBS (Tandan Buah Segar) dan minyak sawit mentah (CPO) terbaru 2023 periode 1-15 Juni di Sumatera, Sumsel, Kaltim, dan Riau.
Harga sawit TBS (Tandan Buah Segar) dan minyak sawit mentah (CPO) terbaru 2023 periode 1-15 Juni di Sumatera, Sumsel, Kaltim, dan Riau. /BERITA DIY/Rina Sari

BERITA DIY- Simak informasi harga sawit terbaru TBS (Tandan Buah Segar) dan minyak sawit mentah (CPO) terbaru 2023 periode 1-15 Juni di Sumatera, Sumsel, Kaltim, dan Riau.

Meskipun saat ini mengalami penurunan harga, namun harga sawit TBS dan CPO belum turun secara drastis dan masih akan stabil hingga perode 1-15 juni di daerah Jambi, Sulsel, Kaltim, dan Riau.

Petani mitra dapat menjualkan sawit ke pabrik pada periode tersebut dengan jenis umur sawit berbeda-beda. Selain itu harga CPO atau minyak sawit mentah juga mengalami penurunan tipis, namun masih di angka stabil.

Cek selengkapnya harga penurunan harga sawit Tandan Buah Segar atau TBS dan minyak sawit mentah atau CPO terbaru 1-15 Juni 2023 di artikel, selengkapnya.

Baca Juga: Naik! Ini Daftar Harga Sawit TBS dan CPO 2023 Per Kg Sesuai Umur Hari Ini di Sumatera, Kaltim, Riau dan Sulsel

Dilansir dari ANTARA, turunnya harga TBS dan CPO berdasarkan hasil rapat penetapan harga CPO, TBS, dan inti sawit oleh tim perumus yang terdiri dari pengusaha, koperasi dan kelompok tani sawit.

Walaupun harga TBS sendiri bervariasi tergantung dengan usia masa tanaman yang beragam, petani mitra pabrik juga akan menyeleksi kembali sawit yang hendak di setor ke pabrik.

Sebagaimana diketahui, harga TBS atau CPO berlaku untuk petani mitra pabrik, sedangkan petani kecil yang bukan mitra pabrik akan mendapatkan harga berbeda sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x