Resep Hati Ayam Santan untuk MPASI Awal Usia 6 Bulan, Cegah Stunting dan Atasi GTM dengan Menu 4 Bintang

- 24 Mei 2023, 15:00 WIB
Resep hati ayam santan untuk MPASI awal usia 6 bulan, cegah stunting dan atasi GTM dengan menu 4 bintang: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran.
Resep hati ayam santan untuk MPASI awal usia 6 bulan, cegah stunting dan atasi GTM dengan menu 4 bintang: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. /BERITA DIY/Siti Asiyah

BERITA DIY - Berikut merupakan informasi resep hati ayam santan untuk MPASI awal usia 6 bulan untuk cegah stunting dan atasi GTM. Resep terdiri dari menu 4 bintang: karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Simak bahan-bahan dan cara membuatnya.

Pemberian MPASI awal pada bayi tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori yang dibutuhkan bayi. Menu tersebut harus adekuat memenuhi makronutrien dan mikronutrien yang seimbang agar mencegah terjadinya stunting.

Makronutrien itu seperti karbohidrat 35-60% dari kebutuhan kalori, protein hewani (10-15%), dan lemak (30-45%). Adapun mikronutrien adalah vitamin dan mineral seperti sayur dan buah yang hanya diberikan untuk pengenalan saja.

Pemberian MPASI lebih diutamakan menggunakan protein hewani daripada protein nabati. Hal ini karena protein hewani lebih mudah diserap tubuh bayi daripada protein nabati.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Resep Herbal untuk Penderita Osteoporosis Kata Dokter Zaidul Akbar

Hati ayam merupakan sumber protein hewani yang memiliki zat besi yang tinggi. Pemberian protein hewani tersebut harus disertai lemak tambahan seperti santan salah satu contohnya.

Lemak tambahan ini berfungsi agar zat besi dapat terserap dengan baik. Santan juga dapat memberikan rasa gurih sehingga meminimalisir GTM (Gerakan Tutup Mulut) pada bayi.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x