Cara Mencegah Gigi Anak Berlubang agar Tetap Sehat dan Bersih, Wajib Lakukan Ini

- 2 Mei 2023, 11:25 WIB
Ilustrasi- Anak perempuan menggosok gigi, cara mencegah agar gigi anak tidak berlubang, supaya gigi tetap sehat dan bersih wajib menyikat gigi dengan benar dan rutin.
Ilustrasi- Anak perempuan menggosok gigi, cara mencegah agar gigi anak tidak berlubang, supaya gigi tetap sehat dan bersih wajib menyikat gigi dengan benar dan rutin. /Pexels.com/@Pavel Danilyuk
 
BERITA DIY - Berikut cara mencegah agar gigi anak tidak berlubang, supaya tetap sehat dan bersih wajib lakukan ritual ini.
 
Gigi berlubang pada anak memang kerap membuat khawatir para orang tua. Lantas bagaimana cara mencegah gigi anak agar tidak berlubang?
 
Cara mencegah gigi anak agar tidak berlubang akan tersaji lengkap dengan tips agar gigi tetap sehat dan bersih.
 

 
Gigi berlubang pada anak bukanlah hal yang jarang terjadi, kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya yaitu kebiasaan menyikat gigi yang salah.
 
 
Selain itu pemberian makanan manis yang banyak mengandung gula, juga dapat menyebabkan gigi anak berlubang.

 
Tidak hanya menyebabkan nyeri dan infeksi pada gigi, gigi berlubang juga dapat menjadi pencetus masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak ditangani dengan baik.
 
Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mencegah gigi berlubang pada anak, dan apa yang harus dilakukan agar gigi tetap sehat dan bersih.
 
Dengan mengetahui cara mencegah gigi anak berlubang, maka orang tua senantiasa memberikan kesempatan untuk anak agar tetap sehat dan ceria.

 
 
Adapun berikut cara mencegah gigi berlubang pada anak seperti yang telah dilansir BERITA DIY dari laman resmi Hermina Hospitals pada 2 Mei 2023.
 

Cara Mencegah Gigi Anak Berlubang

 
1. Menyikat Gigi dengan Benar
 
Tentunya menyikat gigi dengan benar dan rutin merupakan salah satu cara mencegah gigi anak agar tidak berlubang, dan tetap bersih dan sehat.

 
Penggunaan pasta gigi ber-flouride juga sangat dianjurkan untuk menghindari gigi berlubang.
 
Namun yang perlu diperhatikan pada penggunaan pasta gigi ber-flouride untuk anak-anak dibawah 2 tahun yaitu harus dengan anjuran dokter.
 

 
2. Lakukan Pemeriksaan Gigi Pertama
 
Melakukan pemeriksaan gigi pertama yang muncul pada anak, juga menjadi salah satu cara mencegah gigi anak berlubang.
 
Pada saat anak berusia 1 tahun, maka para orang tua dianjurkan untul membawa anak ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan gigi pertama kalinya.
 
Dengan memeriksakan gigi sejak dini, maka anak akan mendapatkan penanganan masalah gigi yang mungkin dialaminya sedini mungkin.

 
3. Batasi Konsumsi Gula
 
Pemberiaan makanan manis, yang mengandung gula berlebih akan menjadi pencetus awal gigi berlubang pada anak.
 
 
Alangkah baiknya setelah anak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, orang tua mengajari anak untuk menyikat gigi dengan benar.
 
4. Perbanyak Minum Air Putih
 
Banyak minum air putih, menjadi salah satu cara yang patut diterapkan agar gigi anak tidak berlubang. 

 
5. Konsumsi Makanan Kaya Kalsium
 
Cara mencegah gigi anak berlubang, yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu, keju, maupun yougurt, daripada memberinya permen ataupun gulali.
 
Demikianlah cara mencegah agar gigi anak tidak berlubang, supaya tetap sehat dan bersih wajib lakukan ritual ini.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x