Bolehkah Sikat Gigi Saat Puasa, Apakah Bikin Batal? Ini Waktu Terbaik Membersihkan Gigi di Bulan Ramadhan

- 23 Maret 2023, 10:24 WIB
Ilustrasi- Orang menggosok gigi, penjelasan bolehkan sikat gigi saat puasa dan apakah bikin batal, inilah waktu terbaik membersihkan gigi di bulan Ramadhan.
Ilustrasi- Orang menggosok gigi, penjelasan bolehkan sikat gigi saat puasa dan apakah bikin batal, inilah waktu terbaik membersihkan gigi di bulan Ramadhan. /Pexels.com/@PavelDanilyuk
 
BERITA DIY - Berikut penjelasan bolehkan sikat gigi saat puasa dan apakah bikin batal, inilah waktu terbaik membersihkan gigi di bulan Ramadhan.
 
Bolehkan menggosok gigi saat sedang berpuasa, dan apakah bikin batal. Terkait hal itu simak penjelasan berikut, lengkap dengan waktu terbaik membersihkan gigi di bulan Ramadhan.
 
Kebersihan merupakan sebagian dari iman, tak terkecuali kebersihan gigi dan mulut. Untuk menjaga kebersihan gigi masyarakat terbiasa dengan menggosok atau siwak agar nafas tetap segar dan anti bau.
 

 
Namun bagaimana jika saat berpuasa, bolehkah sikat gigi, dan apakah bikin batal?
 
 
Hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi : " Bau mulut orang yang puasa itu lebih wangi di sisi Allah SWT, dibanding aroma minyak kasturi,"( HR: Bukhari dan Muslim).
 

 
Menurut laman resmi Pondok Pesantren LirboyoNet yang telah dilansir BERITA DIY pada 23 Maret 2023, bahwa bersiwak atau sikat gigi saat puasa yang dilakukan sebelum dzuhur masih mendapatkan kesunahan.
 
Sebagaimana menurut penjelasan Imam an -Nawawi yang artinya:
 
"Siwak tidak dimakruhkan kecuali bagi orang yang berpuasa setelah tergelincirnya matahari," ( Minhaj at-Thalibin halaman 13).
 

 
 
 
Meskipun begitu, sebagian umat muslim tetap berusaha untuk menggosok gigi meskipun dalam keadaan puasa , baik dengan cara bersiwak maupun sikat gigi memakai pasta gigi.
 
Seperti dilansir BERITA DIY dari laman resmi Universitas Pakuan Bogor, unpak.ac.id pada 23 Maret 2023, bahwa bersiwak merupakan perbuatan sunnah bagi orang yang berpuasa maupun yang tidak puasa.
 

 
Diriwayatkan Amir bin Rabia'ah ra yang artinya:
 
" Aku melihat Nabi Muhammad SAW bersiwak, dan beliau sedang puasa, dan tidak terhitung jumlahnya." (HR. Al Bukhari , Bab Siwak Ar Rathbi wal Yaabis Lish Shaa-im).
 
Lantas, menggosok gigi saat puasa merupakan perbuatan sunnah, dan bisa dilakukan pada setiap waktu baik pagi, siang, maupun sore hari.
 

 
 
Menggosok gigi pada saat puasa dengan memakai pasta gigi juga merupakan suatu hal yang diperbolehkan, karena dihukumi sama layaknya kayu basah atau kayu siwak.
 
Namun yang perlu diperhatikan yaitu tidak akan ada zat yang tertelan, yang diragukan dapat membatalkan puasa nantinya.
 

 
Karena selain untuk membersihkan gigi dan mulut, sikat gigi dalam Islam juga mempunyai tujuan untuk mendapatkan ridha Allah SWT.
 
Sementara bau mulut orang berpuasa itu wangi ketika diakhirat kelak, namun dengan begitu umat muslim tetap diperbolehkan bersiwak atau sikat gigi saat puasa Ramadhan.
 
 

 
Nabi Muhammad SAW bersabda:
 
"Sikat gigi atau bersiwak untuk membersihkan mulut, membuat Allah ridha dan menguatkan pandangan," ( HR. Ahmad dan Nasa'i).
 
Sikat gigi saat puasa juga tidak bikin batal, jika tidak ada sesuatu zat yang tertelan secara sengaja, dan boleh dilakukan kapanpun dalam keadaan apapun.
 
Tidak ada pendapat yang melarang atau mengharamkan perihal gosok gigi saat puasa, hanya saja itu merupakan perbuatan yang makruh pada waktu tertentu.
 
Demikianlah penjelasan bolehkan sikat gigi saat puasa dan apakah bikin batal, inilah waktu terbaik membersihkan gigi di bulan Ramadhan.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x