Apa Itu Logam Tanah Jarang atau Rare Earth? Sumber Daya Tambang yang Langka Dunia Ada di Indonesia

- 26 April 2023, 20:57 WIB
Ilustrasi penjelasan Logam Tanah Jarang atau Rare Earth sumber daya tambang yang langka ada di Indonesia.
Ilustrasi penjelasan Logam Tanah Jarang atau Rare Earth sumber daya tambang yang langka ada di Indonesia. /Unsplash.com/Dominik Vanyi

BERITA DIY - Ketahui penjelasan apa itu Logam Tanah Jarang atau Rare Earth sumber daya tambang yang langka ada di Indonesia tersaji dalam artikel ini.

Apa itu Logam Tanah Jarang (LTJ) sedang banyak dicari oleh warganet usai kabar mengenai penemuan sumber daya LTJ yang cukup besar dan baru di Swedia. Hal ini menggegerkan Benua Eropa.

Hal ini dikarenakan Logam Tanah Jarang merupakan salah satu sumber daya tambang yang cukup langka karena hanya segelintir negara yang memiliki kekayaan alam satu ini.

Logam Tanah Jarang merupakan salah satu komponen atau bahan baku dalam pembuatan ponsel hingga alat elektronik lainnya.

Baca Juga: Sejarah Istana Batu Tulis Bogor, Tempat Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri

Logam Tanah Jarang merupakan mineral yang bersifat magnetik dan konduktif, banyak digunakan di perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, speaker, dan lain-lain. Salah satu negara yang memiliki sumber daya tambang Logam Tanah Jarang adalah Indonesia.

Daerah dengan potensi Logam Tanah Jarang di Indonesia adalah Bangka Belitung dan Kalimantan. Meski demikian, Logam Tanah Jarang merupakan kekayaan alam yang tidak bisa diperbarui.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x