Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah Menurut NU yang Shahih Lengkap dengan Teks Arab dan Latin

- 15 April 2023, 12:25 WIB
Ilustrasi bacaan doa menerima Zakat Fitrah menurut NU yang Shahic lengkap dengan teks Arab dan latin.
Ilustrasi bacaan doa menerima Zakat Fitrah menurut NU yang Shahic lengkap dengan teks Arab dan latin. /Pixabay/@allybally4b

BERITA DIY - Berikut informasi bacaan doa menerima Zakat Fitrah menurut NU yang shahih lengkap dengan teks Arab dan latin tersedia di sini.

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim pada bulan Ramadan apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Zakat adalah kewajiban (fardu 'ain) bagi setiap Muslim yang memenuhi syarat tertentu, sebagaimana firman Allah dalam QS. An-Nisa ayat 77.

Zakat fitrah harus dibayar dengan makanan pokok sebanyak 1 shak atau 3,2 liter, sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah mewajibkan zakat fitrah atas setiap Muslim dengan jumlah satu shak dari kurma atau gandum, baik laki-laki maupun perempuan, dewasa maupun kecil, budak atau merdeka.

Baca Juga: Pengertian Amil Zakat dan Muzakki Dalam Islam, Ini Tugas dan Penjelasannya

Rasulullah juga memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum shalat Idul Fitri. (HR. Bukhari dan Muslim).

Zakat fitrah biasanya berupa bahan makanan seperti beras, gandum, kurma, dan sebagainya. Namun, sebelum menyalurkan zakat fitrah, sebaiknya kita membaca doa terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah