Pengertian Amil Zakat dan Muzakki Dalam Islam, Ini Tugas dan Penjelasannya

- 15 April 2023, 11:14 WIB
 Ilustrasi Pengertian amil zakat dan muzakki dalam islam, ini tugas dan penjelasannya. Cek pengertiannya di sini.
Ilustrasi Pengertian amil zakat dan muzakki dalam islam, ini tugas dan penjelasannya. Cek pengertiannya di sini. /Pixabay/@allybally4b

BERITA DIY – Simak informasi pengertian amil zakat dan muzakki dalam islam, ini tugas dan penjelasannya, tersedia di sini.

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Zakat dapat dibayar dalam bentuk uang atau makanan pokok seperti beras.

Diketahui zakat akan dikumpulkan menjelang Hari Raya Idul Fitri atau pada hari-hari terakhir di bulan Ramadhan. Di mana zakat biasanya dikumpulkan oleh amil.

Lantas apa itu amil zakat? Amil zakat dalam Islam adalah seseorang atau lembaga yang diberikan mandat untuk mengumpulkan, mengelola, dan mendistribusikan zakat kepada para mustahik.

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah Terbaru 2023 Untuk Diri Sendiri, Anak, Keluarga, dan Orang Lain Lengkap Arab, Latin

Mustahik yaitu penerima zakat yang berhak menerimanya. Seorang amil zakat bertugas sebagai perantara antara orang yang berzakat dengan penerima.

Amil zakat biasanya adalah lembaga-lembaga zakat resmi yang disahkan oleh pemerintah atau dibentuk oleh masyarakat muslim setempat.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah