Bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia

- 13 April 2023, 14:35 WIB
Ilustrasi Bacaan niat zakat fitrah lengkap arab, latin, dan arti bahasa Indonesia. Cek bacaan niatnya di sini.
Ilustrasi Bacaan niat zakat fitrah lengkap arab, latin, dan arti bahasa Indonesia. Cek bacaan niatnya di sini. /Pixabay/@allybally4b

BERITA DIY – Simak informasi bacaan niat zakat fitrah lengkap arab, latin, dan arti bahasa Indonesia. Siapa yang berhak menerima? Cek di sini.

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Zakat fitrah biasanya dibayarkan pada akhir bulan Ramadhan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Diketahui umat muslim yang mampu atau berkehidupan tercukupi diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Umat muslim dapat membayar zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok seperti beras, gandum, atau tepung.

Namun di Indonesia, zakat fitrah dibayar dalam bentuk uang atau makanan pokok berupa beras. Untuk jumlah zakat fitrah berupa beras yang harus dibayarkan yaitu 2,5 Kg.

Baca Juga: Kapan Waktu Bayar Zakat Fitrah Ramadhan 2023? Ini Jadwal dan Hukum Wajib, Mubah, hingga Haram

Sebelum membayar zakat fitrah, umat muslim wajib untuk membaca niat. Di mana terdapat niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki dan perempuan, serta keluarga.

Sementara itu, terdapat surat Al Quran yang menjelaskan tentang zakat. Penjelasan tersebut terdapat pada Surat At-Taubah ayat 103.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x