Bacaan Niat Zakat Fitrah Ramadhan untuk Diri Sendiri dan Keluarga Tulisan Arab dan Latin

- 5 April 2023, 07:50 WIB
Ilustrasi - Zakat fitrah Ramadhan, bacaan niat zakat fitrah Ramadhan untuk diri sendiri maupun keluarga, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.
Ilustrasi - Zakat fitrah Ramadhan, bacaan niat zakat fitrah Ramadhan untuk diri sendiri maupun keluarga, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya. /Tangkap layar Instagram.com/@baznasindonesia
 
BERITA DIY - Simak bacaan niat zakat fitrah Ramadhan untuk diri sendiri serta keluarga, lengkap dengan tulisan Arab dan latin.
 
Pada bulan Ramadhan, umat islam selain diwajibkan untuk menunaikam puasa satu bulan penuh, juga wajib untuk membayar zakat bagi yang mampu.
 
Zakat fitrah merupakan zakat wajib yang harus dikeluarkan setiap umat muslim pada bulan Ramadhan sebelum dilaksanakanya sholat Idul Fitri.

Seperti perintah Nabi dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi:
 
"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha' kurma atau satu sha' gandum atas umat muslim, baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat." (HR. Bukhari dan Muslim).
 
 
Namun sebelum mengeluarkan harta ataupun kebutuhan pokok seperti beras, gandum, atau kurma untuk zakat fitrah alangkah baiknya untuk didahului dengan niat.
 
 
Lantas bagaimana bacaan niat zakat fitrah Ramadhan?
 
Adapun pada artikel ini akan tersaji bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri maupun keluarga dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.
 
Zakat fitrah Ramadhan sendiri ditunaikan dengan tujuan untuk membersihkan diri dari dosa, dan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.
 
 
Sedangkan dengan membaca niat zakat fitrah Ramadhan untuk diri sendiri maupun keluarga, itu artinya umat muslim telah menunaikan langkah pertama dari zakat tersebut.
 
 
 
Selain itu dalam agama Islam, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kepada umatnya, jika ingin melaksanakan sesuatu agar mendahului dengan niat, agar mendapatkan ridha dari Allah.
 
Tak terkecuali dengan zakat fitrah Ramadhan, yang harus didahului dengan membaca niat baik untuk diri sendiri maupun anggota keluarga lainnya.
 
Masyarakat yang belum hafal dengan bacaan niat zakat fitrah Ramadhan, juga tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan tersaji dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.
 
 
Membaca niat zakat fitrah Ramadhan juga merupakan bagian penting untuk mengokohkan hati dalam menunaikan zakat.
 
 
Kendati demikian yang tak kalah pentingnya dari membaca niat zakat fitrah Ramadhan yaitu, agar mendapatkan pahala yang lebih besar dari Allah SWT.
 
Seperti dilansir BERITA DIY dari laman resmi Baznas pada 5 April 2023, bahwa besaran zakat fitrah untuk tahun 2023 berdasarkan SK Ketua Baznas nomor 07 tahun 2023 yaitu 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok.
 
Namun jika disetarakan dengan uang maka zakat fitrah Ramadhan 2023 ini sebesar Rp45.000 untuk daerah DKI Jakarta, uang  tersebut dihitung berdasarkan harga kebutuhan pokok suatu daerah yang berbeda-beda.
 
 
Sebelum menunaikan zakat fitrah Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Adapun berikut bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga.

Niat Zakat Fitrah Ramadhan untuk Diri Sendiri dan Keluarga
 
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ
 
Nawaitu 'an ukhrija zakaatal fithri 'anni wa 'an jami'i man yalzamunii nafaqaatuhum syar'an fardhon Lillaahi Ta'aala.
 
Artinya: "Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardhu karena Allah Ta'ala."
 
Demikianlah bacaan niat zakat fitrah Ramadhan untuk diri sendiri dan keluarga, lengkap dengan tulisan Arab dan latin.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x