Besaran Zakat Fitrah Ramadhan 2023, Waktu Terbaik Dibayarkan, dan Cara Bayar Secara Online di Baznas.go.id

- 3 April 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi. Besaran zakat fitrah Ramadhan 2023 yang dapat dibayarkan secara online di Baznas.go.id dengan mudah.
Ilustrasi. Besaran zakat fitrah Ramadhan 2023 yang dapat dibayarkan secara online di Baznas.go.id dengan mudah. /Freepik/jcomp

BERITA DIY – Berikut info besaran zakat fitrah Ramadhan 2023, waktu terbaik dibayarkan, dan cara bayar zakat fitrah secara online di Baznas.go.id.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan oleh umat Islam baik laki-laki atau perempuan, yang dilakukan pada bulan Ramadhan sebelum sholat Idul Fitri.

Zakat fitrah dikeluarkan sebagai bentuk kepedulian atau rasa berbagi bagi sesama muslimin, utamanya pada orang kurang mampu.

Perintah melaksanakan zakat fitrah terdapat dalam hadis yang berbunyi "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebesar 1 sha' kurma atau 1 sha' gandum kepada seluruh muslimin, baik orang merdeka maupun budak, baik laki-laki maupun perempuan, baik muda maupun tua. Beliau memerintahkan agar zakat ini ditunaikan sebelum orang-orang berangkat melaksanakan sholat (Id).” (HR. Al-Bukhari).

 Baca Juga: Doa Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Waktu pembayaran zakat fitrah sendiri dapat dilakukan selama bulan Ramadhan, terlepas dari tanggal awal, tengah, ataupun akhir.

Meski begitu, dikutip dari NU Trenggalek zakat fitrah paling utama diberikan setelah terbit fajar dan sebelum sholat Id.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x