Bacaan Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap untuk Diri Sendiri, Istri, Anak, Keluarga, dan Orang yang Diwakilkan

- 9 April 2023, 17:11 WIB
Bacaan niat doa zakat fitrah dalam bulan Ramadhan untuk diri sendiri, istri, anak, keluarga, dan orang yang diwakilkan.
Bacaan niat doa zakat fitrah dalam bulan Ramadhan untuk diri sendiri, istri, anak, keluarga, dan orang yang diwakilkan. /PIXABAY/pictavio

BERITA DIY – Berikut bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak, keluarga, dan orang yang diwakilkan dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya sesuai ketentuan Islam.

Selain menjalankan puasa Ramadhan, dalam bulan suci umat Islam juga diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah baik laki-laki atau perempuan.

Menunaikan zakat fitrah adalah simbolisasi menyucikan diri sekaligus bentuk kepedulian kepada sesama umat Islam, utamanya bagi kalangan kurang mampu.

 

Hal ini dikutip dalam hadis riwayat Bukhari Muslim yang berbunyi: "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha kurma atau satu sha gandum atas umat Muslim. Baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk sholat." (HR Bukhari Muslim)

 Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Qobliyah Sebelum Jumat 2 Rakaat, Lengkap Latin, Arab dan Artinya

Sekadar informasi, zakat fitrah sudah boleh dibayarkan oleh umat Islam sejak awal masuknya bulan Ramadhan hingga sebelum sholat Id atau Idul Fitri.

Meski begitu, terdapat waktu membayar zakat fitrah yang paling utama, yaitu mulai dari terbitnya matahari di hari raya hingga sebelum pelaksanaan sembahyang Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x