Teks Khutbah Jumat Singkat NU Akhir Ramadhan Mengenai Pentingnya Zakat Fitrah yang Menyentuh Hati di Sini

- 13 April 2023, 16:40 WIB
Ilustrasi. Teks khutbah Jumat singkat menyentuh hati akhir Ramadhan 1444 Hijriah mengenai pentingnya zakat fitrah dan manfaatnya bagi hidup.
Ilustrasi. Teks khutbah Jumat singkat menyentuh hati akhir Ramadhan 1444 Hijriah mengenai pentingnya zakat fitrah dan manfaatnya bagi hidup. /FREEPIK/wirestock

BERITA DIY – Berikut teks khutbah Jumat singkat akhir bulan Ramadhan 1444 Hijriah yang menyentuh hati dari NU tentang makna pentingnya memberikan zakat fitrah dan manfaatnya bagi hidup tersedia di sini.

Menjelang berakhirnya bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriah, umat Islam akan disibukkan dengan ibadah zakat fitrah yang wajib diberikan sebelum sholat Idul Fitri.

Zakat fitrah sendiri merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan atas setiap muslim baik laki-laki atau perempuan yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

 

Sebagai ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT, zakat fitrah tentunya memiliki makna penting dan manfaat yang tidak disadari oleh kita sebelumnya.

 Baca Juga: Kapan Waktu Bayar Zakat Fitrah Ramadhan 2023? Ini Jadwal dan Hukum Wajib, Mubah, hingga Haram

Jika diteliti lebih saksama, zakat fitrah selain merupakan bentuk kewajiban umat muslim adalah sebagai kepedulian bagi orang yang kurang mampu dan cara membagi kebahagiaan di Hari Raya Idul Fitri.

Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumiddin berpendapat bahwa zakat fitrah memiliki tiga hakikat makna dan tujuan serta manfaat bagi hidup.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah