Berapa Zakat Fitrah yang Harus di Bayar Tahun 2023? Cara Hitung Jumlah Beras dan Uang yang Harus Dikeluarkan

- 14 April 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi. Uraian berapa zakat fitrah yang harus di bayar tahun 2023? Ini cara hitung jumlah beras dan uang yang harus dikeluarkan.
Ilustrasi. Uraian berapa zakat fitrah yang harus di bayar tahun 2023? Ini cara hitung jumlah beras dan uang yang harus dikeluarkan. /Tangkap layar instagram.com/@baznasindonesia

BERITA DIY- Simak penjelasan berkaitan dengan berapa zakat fitrah yang harus di bayar tahun 2023? Ini cara hitung jumlah beras dan uang yang harus dikeluarkan.

Dalam Islam setiap puasa Ramadhan umatnya harus membayar zakat fitrah sebanyak satu sha’ makanan atau dalam hal ini disamakan dengan bahan makanan pokok.

Penjelasan terkait berat beras ataupun sejumlah uang yang dikeluarkan untuk zakat fitrah setiap tahun ini terdapat dalam salah satu hadis Nabi Muhammad saw.

Cek bagaimana cara hitung jumlah beras dan uang yang harus dikeluarkan untuk bayar zakat fitrah tahun 2023 di bawah ini.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah Arab, Latin dan Artinya untuk Diri Sendiri, Keluarga, dan Anak Lengkap Doa Menerima Zakat

Pada zaman Rasulullah umat Islam membayar zakat fitrah menggunakan makanan pokok yaitu kurma. Sampai saat ini bentuk zakat fitrah yang dikeluarkan masih bahan makanan pokok.

Sebagai contoh, di Indonesia makanan pokoknya adalah nasi yang berasal dari beras maka yang dipakai untuk bayar zakat fitrah adalah beras, daerah lain juga seperti itu disesuaikan dengan jenis bahan makanan pokoknya.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah