9 Mengobati Gusi Bengkak dengan Mudah dan Efektif, Kumur Pakai Bahan Ini Gusi Sembuh

- 13 April 2023, 13:25 WIB
Ilustrasi- Menggosok gigi, 9 cara mengobati gusi bengkak dengan mudah dan efektif, menjaga kebersihan mulut dan kumur pakai bahan ini gusi sembuh.Pexels.com/@Karolina Grabowska
Ilustrasi- Menggosok gigi, 9 cara mengobati gusi bengkak dengan mudah dan efektif, menjaga kebersihan mulut dan kumur pakai bahan ini gusi sembuh.Pexels.com/@Karolina Grabowska /Pexels.com/@Karolina Grabowska
 
BERITA DIY - Berikut 9 cara mengobati gusi bengkak dengan mudah dan efektif, menjaga kebersihan mulut dan kumur pakai bahan ini gusi sembuh.
 
Gusi bengkak memang salah satu penyakit bagian mulut yang kerap kali dikeluhkan oleh banyak orang.
 
Gusi yang bengkak dapat menjadi sangat tidak nyaman dan menyebabkan rasa sakit saat digunakan untuk makan atau minum.
 

 
Gusi bengkak juga disebabkan oleh infeksi pada gigi ataupun gigi berlubang yang kurang terjaga kebersihannya.
 
 
Selain itu gusi bengkak juga bisa terjadi karena faktor peradangan, kehamilan maupun efek samping dari beberapa jenis obat yang dikonsumsi.

 
Beberapa orang mengeluhkan gusi bengkak, karena mereka menyikat gigi terlalu keras, maupun makanan yang terselip diantara sela-sela gigi yang telah lama tidak diambil.
 
Seperti dilansir BERITA DIY dari laman resmi Primaya Hospital pada 13 April 2023, bahwa ternyata cara mengobati gusi bengak bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya mudah untuk ditemukan.
 
Adapun berikut cara mengobati gusi bengkak dengan mudah dan efektif.
 

 
 
Cara Mengobati Gusi Bengkak
 
1. Menjaga Kebersihan Mulut
 
Salah satu cara untuk mengobati gusi bengkak yaitu menjaga kebersihan mulut, setidaknya dengan sikat gigi dua kali sehari.
 
Dengan sikat gigi akan membantu menghilangkan bakteri, dan partikel makanan dari gigi dan gusi, dan dapat mengurangi resiko terjadinya pembekakan gusi.

2. Berkumur dengan Air Garam

 
Air hangat yang dicampurkan garam, bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan gusi bengkak.
 
Dengan air hangat yang dicampur garam dan dipakai untuk berkumur tiga kali sehari, pasalnya bisa membantu merangsang penyembuhan luka dengan cepat.
 
 

 
3. Hindari Makanan Keras
 
Makan makanan keras seperti keripik dapat menyebabkan gusi bengkak dan menyebabkan rasa sakit, karena adanya penekanan yang lebih sangat proses mengunyah.
 
4. Hindari Makanan Pedas dan Manis
 
Makanan pedas maupun yang terlalu manis dapat membuat gusi lebih sensitif, dan bisa memperburuk kondisi gusi bengkak.
 
Dengan begitu menghindari makanan pedas dan manis saat gusi sensitif, bisa menjadi salah satu cara mengobati gusi bengkak dengan efektif.
 

 
 
5. Perbanyak Minum Air
 
Minum banyak air saat gusi bengkak menjadi salah satu cara meringankan pembekakan, karena hal itu turut membantu membersihkan bakteri ataupun makanan yang terselip pada mulut.
 
6. Konsumsi Vitamin C
 
Gusi bengkak juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin, salah satunya yaitu vitamin C.
 
Vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan, tablet hisap, dan minuman sari jeruk ataupun lemon.

 
 
7. Menggunakan Obat Kumur Tanpa Alkohol
 
Menggunakan obat kumur tanpa alkohol menjadi pilihan untuk mengobati gusi bengkak dengan efektif.
 
Namun jika obat kumur yang digunakan mengandung alkohol, malah bisa mengiritasi gusi dan memperparah kondisi gusi yang bengkak.
 

 
8. Minum Obat
 
Minum obat pereda sakit seperti ibuprofen ataupun parasetamol, terbukti efektif dapat meringankan rasa sakit akibat pembengkakan. 
 
 
9. Segera Periksa ke Dokter Gigi
 
Jika gusi bengkak terjadi dalam kurun waktu yang lama dan tak kunjung sembuh, segeralah untuk memeriksakan ke dokter gigi.
 
Demikianlah 9 cara mengobati gusi bengkak dengan mudah dan efektif, menjaga kebersihan mulut dan kumur pakai bahan ini gusi sembuh.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x