3 Bacaan Doa Silaturahmi Lebaran versi Pendek dan Panjang yang Bisa Diucapkan Saat Halal Bi Halal Idul Fitri

- 9 April 2023, 12:40 WIB
Ilustrasi- umat muslim bersilaturahmi, 3 bacaan doa silaturahmi lebaran versi pendek dan panjang yang bisa diucapkan saat halal bi halal Hari Raya Idul Fitri.
Ilustrasi- umat muslim bersilaturahmi, 3 bacaan doa silaturahmi lebaran versi pendek dan panjang yang bisa diucapkan saat halal bi halal Hari Raya Idul Fitri. /Pexels.com/@RodnaeProductions
 
 BERITA DIY - Berikut 3 bacaan doa silaturahmi lebaran versi pendek dan panjang yang bisa diucapkan saat halal bi halal Hari Raya Idul Fitri.
 
Hari Raya Idul Fitri identik dengan silaturahmi atau halal bi halal ke sanak saudara maupun tetangga sekitar.
 
Halal bi halal memiliki arti saling bermaafan, dan tradisi tersebut sering dilakukan umat islam saat lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.
 

Umat islam yang melakukan halal bi halal biasanya akan mengucapkan bacasn doa silaturahmi yang diniatkan untuk meminta keberkahan dari Allau SWT.
 
 
Lantas saat silaturahmi lebaran Idul Fitri, masyarakat umumnya akan mengucapkan bacaan doa halal bi halal baik untuk laki-laki atau perempuan.

 
Dengan begitu masyarakat perlu mengetahui bacaan doa halal bi halal lebaran, yang bisa diucapkan ketika bersilaturahmi ke sanak saudara.
 
Di sini akan tersedia 3 bacaan doa silaturahmi lebaran versi pendek dan panjang, yang bisa dijadikan referensi saat halal bi halal Hari Raya Idul Fitri.
 
Bacaan doa silaturahmi lebaran, akan tersaji versi pendek yang mudah dihafal maupun panjang dengan teks Arab, latin, dan terjemahannya di sini.

 
Tujuan halal bi halal Hari Raya Idul Fitri sendiri yaitu untuk saling bermaafan satu sama lain, dan mengubah hubungan dari yang benci menjadi senang.
 
Adapun berikut bacaan doa silaturahmi lebaran versi pendek dan panjang, yang bisa diucapkan saat halal bi halal Hari Raya Idul Fitri.

 
Bacaan Doa Silaturahmi saat Lebaran
 
Umat islam tentunya sangat familiar dengan doa Taqobalallahu minna wa minkum pada saat lebaran.
 
Berikut teks Arab, latin, dan terjemahannya:
 
تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ
 
Taqabbalallahu minna wa minkum.
 

Artinya: "Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kita dan (puasa dan amal) dari kalian."
 
Yang kedua umat islam bisa mengucapkan doa silaturahmi lebaran versi panjang seperti berikut ini:
 
ربنا تقبل منا صلا تنا و دعاءنا انك انت السميع العليم. تقبل منا توبتنا انك انت التواب الرحيم
 
Rabbanaa taqabbal minnaa shalatanaa wa du’aanaa innaka antas samii’ul ‘aliim. Taqabbal minnaa taubatanaa innaka antat tawwabur rahiim.

 
Artinya: “Ya Tuhan kami terimalah shalat kami dan terimalah permohonan kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah taubat kami sungguh Engkau Maha penerima taubat serta Maha Penyayang.”
 
 
Atau bisa dengan mengucapkan doa silaturahmi lebaran berikut:
 
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الاحياء منهم والاموات. انك سميع قريب مجيب الدعوات يا قضي الحاجات
 
Allahummaghfir lil mukminiina wal mukminaat wal muslimiinaa wal muslimaat al-ahyaa-i minhum wal amwaat. Innaka samii’un qariibun mujiibud da’wat yaa qadhiyal hajat.

 
Artinya: “Ya Allah, muliakanlah agamaMu jadikanlah Islam menjadi jalan keluar bagi bangsa kami. Jadikanlah para ulamanya bersatu, yaitu para ulama yang menjadi contoh bagi umat RasulMu. Lindungilah umat Islam dari perpecahan, lindungi mereka dari kehinaan. Berkahilah hari ini dan berkahi pula bagi siapapun yang bermunajat mengiba padaMu.”
 
Demikianlah 3 bacaan doa silaturahmi lebaran versi pendek dan panjang yang bisa diucapkan saat halal bi halal Hari Raya Idul Fitri.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x