5 Tanda Kurma Tidak Layak Konsumsi, Ini Cara Menyimpan Kurma Agar Awet dan Terhindar dari Jamur Bercak Putih

- 29 Maret 2023, 13:20 WIB
Ilustrasi- Buah kurma, 5 tanda kurma tidak layak konsumsi, dan cara menyimpan kurma agar tetap awet, terhindar dari jamur bercak putih.
Ilustrasi- Buah kurma, 5 tanda kurma tidak layak konsumsi, dan cara menyimpan kurma agar tetap awet, terhindar dari jamur bercak putih. /Pexels.com/@Antoni Shkraba
 
BERITA DIY - Simak informasi 5 tanda kurma tidak layak konsumsi, dan cara menyimpan kurma agar tetap awet, terhindar dari jamur bercak putih.
 
Kurma merupakan buah khas Timur Tengah, yang sangat identik dengan bulan Ramadhan di Indonesia. Selain kaya manfaat, kurma juga merupakan salah satu hidangan favorit baginda Rasulullah SAW.
 
Kurma yang beredar di pasar Indonesia sendiri memiliki beragam jenis dan tekstur, dan tergolong buah yang memiliki masa simpan lama.
 

 
Namun, kurma yang terlalu lama dalam masa penyimpanan bisa saja tidak layak konsumsi lagi, dan harus menggunakan cara yang benar dalam menyimpan buah khas Timur Tengah tersebut.
 
 
Sedangkan kurma yang dijual curah, juga tidak memiliki informasi cukup sampai kapan buah tersebut layak untuk dikonsumsi. 

Lantas seperti apa kurma yang tidak layak komsumsi, dan bagaimana cara menyimpannya agar tetap awet?
 
Adapun berikut kenali 5 tanda kurma tidak layak konsumsi, dan cara menyimpan yang benar agar tetap awet.
 
5 Tanda Kurma Tidak Layak Konsumsi
 
1. Bercak Putih 
 
Kurma yang memiliki bercak putih atau berjamur, pada bagian dalam dan luar juga bisa saja sudah tidak layak konsumsi lagi.

 
Hal itu menandakan kurma sudah melewati masa penyimpanan yang terlalu lama. Namun bisa juga bercak yang terdapat pada kurma merupakan bercak alami dari buah tersebut.
 
2. Bau Busuk
 
Walaupun kurma memiliki aroma yang tak terlalu menyengat, namun jika mendapatinya dengan bau busuk atau kurang sedang, sebaiknya jangan mengkonsumsinya lagi.
 

3. Tekstur Sangat Keras
 
Daging buah kurma yang telah melewati masa penyimpanan lama, bisa mengakibatkan teksturnya menjadi sangat keras, dan itu tandanya sudah tidak layak konsumsi lagi.
 
4. Tekstur lembek dan lengket
 
Selain mengeras, adapula jenis kurma jika disimpan terlalu lama bisa mengakibatkan dagingnya menjadi sangat lembek dan lengket.
 

 
 
Jika mendapati buah kurma yang lembek dan sangat lengket, hal tersebut juga menandakan kurma busuk dan tidak layak konsumsi lagi.
 
5. Terdapat Serangga
 
Kurma yang terlalu lama dalam masa penyimpanan, juga akan terdapat serangga kecil dalam daging buahnya.
 
Sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah kurma, alangkah baiknya cek terlebih dahulu bagian dalam daging buah khas Timur Tengah tersebut.
 

Cara Menyimpan Kurma Agar Tetap Awet
 
1. Menyimpan kurma dalam wadah bersih dan tertutup
 
Kurma yang kering akan awet dalam wadah bersih dan tertutup rapat dalam waktu kurang lebih 3 -6 bulan pada suhu ruang.
 

2. Simpan dalam kulkas
 
Kurma berjenis basah bisa disimpan dalam kulkas dengan terlebih dahulu dimasukkan dalam wadah bersih yang tertutup rapat.
 
Namun yang perlu diperhatikan yaitu tanggal pada kemasan kurma, yang menerangkan sampai kapan sebaiknya kurma layak dikonsumsi.
 
Demikianlah 5 tanda kurma tidak layak konsumsi, dan cara menyimpan kurma agar tetap awet, terhindar dari jamur bercak putih.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x