Jelang Perayaan Malam Nisfu Syaban 2023, Ini 3 Amalan yang Dianjurkan Dilakukan di Malam Penuh Pengampunan

- 7 Maret 2023, 16:50 WIB
Ilustrasi - Simak 3 amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam di malam Nisfu Syaban, di mana  Nisfu Syaban 2023 jatuh pada malam ini.
Ilustrasi - Simak 3 amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam di malam Nisfu Syaban, di mana Nisfu Syaban 2023 jatuh pada malam ini. /UNSPLASH/@itookthose

BERITA DIY - Simak 3 amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam di malam Nisfu Syaban 2023, sebagai persiapan menjelang perayaan malam penuh pengampuan tahun ini.

Malam Nisfu Syaban atau kerap disebut juga dengan malam penuh pengampunan, merupakan waktu di mana dosa-dosa umat Islam akan diampuni oleh Allah swt.

Keistimewaan malam Nisfu Syaban disebut dalam hadits HR Ibnu Majah no 1380, di mana hadits tersebut bisa disimak berikut ini:

عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِي لَيْللَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْررِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

Artinya:

Baca Juga: Doa Nisfu Sya'ban, Tata Cara Sholat, dan Niat Puasa 8 Maret 2023 Bahasa Arab, Latin dan Bahasa Indonesia

Dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah akan “muncul” di malam Nisfuu Sya’ban kemudian mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik atau orang yang meninggalkan (murtad).”

Selain itu, pada malam Nisfu Syaban yang akan jatuh pada malam hari ini, Selasa 7 Maret 2023, seluruh amalan kita sebagai manusia selama setahun penuh akan diangkat dan dilaporkan oleh malaikat.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x