Kapan Malam Nisfu Sya'ban 2023? Inilah Amalan dan Doa Lengkap Memohon Maghfiroh di Pertengahan Bulan Sya'ban

- 5 Maret 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi- Orang memohon maghfiroh, kapan malam Nisfu Sya'ban 2023, disertai dengan amalan dan doa lengkap memohon maghfiroh di pertengahan bulan Sya'ban.
Ilustrasi- Orang memohon maghfiroh, kapan malam Nisfu Sya'ban 2023, disertai dengan amalan dan doa lengkap memohon maghfiroh di pertengahan bulan Sya'ban. /Pixabay.com/@Iqbalnuril
 
BERITA DIY - Berikut informasi kapan malam Nisfu Sya'ban 2023, disertai dengan amalan dan doa lengkap memohon maghfiroh di pertengahan bulan Sya'ban.
 
Kapan malam Nisfu Sya'ban 2023? Malam Nisfu Sya'ban akan jatuh tepat pada pertengahan bulan Syaban atau tanggal ke 15 sesuai dengan penanggalan kalender 1444 Hijriah.
 
Bulan Sya'ban merupakan salah satu bulan yang mulia yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim khususnya Indonesia.
 

 
Pasalnya pada malam Nisfu Sya'ban, doa yang dilangitkan yang didahului dengan amalan pertengahan bulan akan mustajab menembus langit ketujuh.
 
 
Pada malam Nisfu Sya'ban umat muslim bisa meminta diampuni dosa-dosanya, dilapangkan rezekinya, ataupun memohon diberikan kesehatan, maka akan dikabulkan oleh Allah SWT.
 

 

Lantas kapan malam Nisfu Sya'ban 2023?

Bulan Sya'ban sendiri jatuh pada 22 Februari 2023 lalu, dan jika dikalkulasikan malam Nisfu Sya'ban akan jatuh tepat pada Selasa malam Rabu Pon, 7 Maret 2023, ba'da magrib.
 
Karena malam Nisfu Sya'ban merupakan malam penuh kebaikan dan maghfiroh, sekaligus malam ditutupnya amalan selama satu tahun, maka umat muslim disunahkan untuk membaca yasin serta doa.
 

 
Berikut alaman malam Nisfu Sya'ban lengkap dengan doa pertengahan bulan Sya'ban : 
 
Dilansir BERITA DIY dari Instagram ustadzah @halimahalaydrus, umat muslim disunahkan untuk membaca yasin sebanyak 3 kali dan doa-doa pada malam Nisfu Sya'ban.
 
 

 
Amalan dan Doa Malam Nisfu Sya'ban
 
1. Membaca Surat Yasin 3x
 
Surat Yasin ke-1
 
Dibaca dan diniatkan untuk memohon panjang umur, ketaatan serta ketaqwaan, dan dapat istiqamah beribadah kepada Allah SWT.
 

 
Surat Yasin ke-2
 
Diniatkan meminta diluaskan rezeki yang halal barakah, dan untuk menolak bala.
 
Surat Yasin ke-3
 
Dibaca dan diniatkan untuk memohon ditetapkannya islam hingga akhir hayat.
 
 

 
2. Membaca Istighfar 100x 
 
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي
 
Astagfirullahal'adzim.
 
 
3. Membaca Tahmid dan Takbir 100x”, 
 
Subhanallah wal hamdulillah wa laillahaillallahu Allahu Akbar.
 

 
4. Melantunkan Shalawat Nabi 100 x
 
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 
 
Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad.
 
5. Membaca Doa Nisfu Sya'ban
 
اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة
 
Allaahumma innaka 'afuwwung tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.
 

 
 
Selain itu, pada malam Nisfu Sya'ban umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan memohon ampunan dengan khusyu.
 
Allahumma bariklana fi Sya'ban wa balighna Ramadhan.
 
Demikianlah informasi kapan malam Nisfu Sya'ban 2023, disertai dengan amalan dan doa lengkap memohon maghfiroh di pertengahan bulan Sya'ban.***

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x