Tata Cara Membayar Qadha Serta Bacaan Doa Niat Puasa Ganti Ramadhan

- 1 Maret 2023, 15:36 WIB
Ilustrasi. Cek tata cara membayar puasa qadha serta bacaan doa niat puasa ganti Ramadhan yang ditinggalkan karena halangan menstruasi, sakit dan/atau berpergian jauh.
Ilustrasi. Cek tata cara membayar puasa qadha serta bacaan doa niat puasa ganti Ramadhan yang ditinggalkan karena halangan menstruasi, sakit dan/atau berpergian jauh. /Pixabay.com/@pictavio

BERITA DIY - Berikut tata cara membayar puasa qadha serta bacaan doa niat puasa ganti Ramadhan yang ditinggalkan karena halangan menstruasi, sakit dan/atau berpergian jauh.

Untuk diketahui, puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi seluruh muslim. Bagi yang meninggalkannya wajib untuk mengganti puasa di luar Ramadhan.

Adapun puasa pengganti di luar Ramadhan disebut dengan puasa qadha. Sejumlah ulama batas waktu puasa qadha yakni dari bulan Syawal hingga Ramadhan selanjutnya.

 

Sementara tata cara puasa qadha sama seperti puasa pada umumnya: membaca niat, melakukan sahur di sepertiga awal hari (jam 3 pagi), lalu menahan makan minum dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa hingga adzan Maghrib. Kemudian segerakan buka puasa saat waktu Maghrib.

Baca Juga: Puasa Ramadhan Berapa Hari Lagi? Ini Penjelasan Jadwal Menurut Muhammadiyah dan NU di Tahun 2023

Apa bacaan niat puasa ganti Ramadhan?

Ada tiga golongan yang boleh meninggalkan puasa Ramadhan yakni perempuan haid, orang sedang sakit serta seseorang yang sedang dalam berpergian jauh.

Adapun perintah perempuan haid untuk membatalkan puasa Ramadhan dan menggantinya dengan puasa qadha tercantum dalam hadist shahih berikut:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x