1 Syaban 2023 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Niat Puasa Nisfu Syaban dan Keutamaannya

- 20 Februari 2023, 17:42 WIB
Penjelasan 1 Syaban 2023 jatuh pada tanggal berapa dilengkapi niat puasa nisfu Syaban dan keutamaannya.
Penjelasan 1 Syaban 2023 jatuh pada tanggal berapa dilengkapi niat puasa nisfu Syaban dan keutamaannya. /PEXELS/RODNAE Production

BERITA DIY - Simak penjelasan 1 Syaban 2023 jatuh pada tanggal berapa dalam ulasan berikut ini. Dilengkapi, niat puasa nisfu Syaban dan keutamaannya.

Bulan Rajab 1444 H akan segera selesai. Artinya tak lama lagi akan berganti dengan bulan Syaban, baru setelahnya Ramadhan.

Saat ini pun banyak yang cari tahu tentang 1 Syaban 2023 jatuh pada tanggal berapa. Syaban diketahui merupakan salah satu bulan di kalender Hijriyah.

Menurut kalender Hijriyah yang disusun Kementerian Agama, 1 Syaban 1444 H jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Februari 2023.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan Lengkap dengan Arti, Kapan Hari Terakhir Bayar Utang Puasa Ramadhan?

Bulan Syaban adalah bulan istimewa. Di bulan ini Rasulullah Muhammad SAW bahkan melaksanakan banyak puasa. 

Diriwayatkan oleh Aisyah RA: “Tidaklah aku melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban" (HR Bukhari dan Muslim).

Puasa nisfu Syaban

Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan umat Islam ketika bulan Syaban adalah puasa nisfu Syaban. Nisfu Syaban merupakan pertengahan bulan Syaban.

Puasa nisfu Syaban ini tercatat dalam hadits riwayat Ibn Majah, dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far, berikut artinya:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x