Bacaan Niat Ganti Puasa Ramadhan Pada Hari Senin Lengkap dengan Bahasa Arab Latin dan Cara Pelaksanaannya

- 19 Februari 2023, 15:58 WIB
ilustrasi - wanita berniat berbuka puasa, bacaan niat ganti atau qadha puasa Ramadhan pada hari Senin, lengkap dengan bahasa Arab dan latin, serta tata cara pelaksanaannya.
ilustrasi - wanita berniat berbuka puasa, bacaan niat ganti atau qadha puasa Ramadhan pada hari Senin, lengkap dengan bahasa Arab dan latin, serta tata cara pelaksanaannya. /UNSPLASH/Rauf Alvi
 
BERITA DIY - Berikut bacaan niat ganti atau qadha puasa Ramadhan pada hari Senin, lengkap dengan bahasa Arab dan latin, serta tata cara pelaksanaannya. 

Bacaan niat ganti puasa Ramadhan dalam bahasa Arab dan latin banyak dicari, mengingat puasa Ramadhan tahun 2023 ini hanya tinggal menghitung hari.
 
Puasa Ramadhan 2023 akan jatuh pada pertengahan bulan Maret mendatang, jadi bagi yang masih memiliki hutang puasa, maka diwajibkan membayarnya atau mengganti sebelum bulan Ramadhan selanjutnya tiba.
 
Mengingat puasa Ramadhan yaitu wajib dilaksanakan bagi umat muslim, namun ada pula orang yang tidak bisa melaksanakan puasa di bulan mulia tersebut, karena berbagai alasan yang syar'i. 
 
 
Maka dengan itu seseorang tersebut diwajibkan untuk ganti puasa atau mengqadhanya di bulan lain, karena tidak bisa menuntaskannya pada bulan Ramadhan lalu.
 

Sementara untuk pelaksanaannya, ganti puasa Ramadhan boleh digabungkan dengan puasa sunnah Senin Kamis maupun puasa sunnah yang lainnya.

Bacaan niat ganti puasa Ramadhan pada hari Senin maupun Kamis lengkap dengan bahasa Arab dan latin akan tersaji pada artikel ini.
 
Niat ganti puasa Ramadhan itu sendiri harus dilafalkan pada waktu malam hari ataupun sebelum fajar tiba, dengan bertujuan mengqadha puasa.

 

Baca Juga: Niat Puasa Ganti Ramadhan karena Haid dan Tata Cara Membayar Hutang Puasa Mengganti Tahun Lalu

Sedangkan puasa Ramadhan selain wajib juga memiliki banyak keutamaan didalamnya, seperti terbukanya pintu Surga, tertutupnya pintu Neraka, dan amal kebaikan yang berkali lipat pahalanya, serta setan yang dibelenggu.
 
Dilansir BERITA DIY dari laman Baznas pada 19 Februari 2023, bahwa umat muslim tidak perlu melafalkan niat keduanya ketika mengqadha puasa Ramadhan bersamaan dengan sunnah Senin Kamis, melainkan cukup membaca niat ganti puasa saja dalam hati.
 

Niat Ganti Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى
 
Nawaitu shauma ghadin 'an qadha'I fardhi syahri Ramadhana lillahi ta'ala.
 
 
Artinya : Aku berniat untuk mengqadha puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.
 

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati yaumil itsnaini lillâhi ta‘ala.
 
Artinya : Aku berniat puasa sunnah hari Senin ini karena Allah SWT
 
 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x