10 Hukum Taurat Kristen, Apa Perbedaannya dengan 10 Perintah Allah di Katolik? Ini Penjelasan Artinya

- 10 Februari 2023, 11:10 WIB
Ilustrasi - 10 Hukum Taurat Kristen dan 10 Perintah Allah Katolik apa perbedaannya.
Ilustrasi - 10 Hukum Taurat Kristen dan 10 Perintah Allah Katolik apa perbedaannya. /

BERITA DIY - Simak daftar 10 hukum taurat dalam Kristen Protestan lengkap dengan arti dan penjelasan perbedaannya dengan 10 Perintah Allah.

10 Hukum Taurat atau yang juga disebut 10 Perintah Allah dalam gereja Katolik merupakan salah satu pedoman dan perintah Tuhan yang harus ditaati oleh umat Kristiani.

Sepuluh Perintah Allah dalam bahasa Latin disebut dengan Dekalog. Perintah ini diberikan Allah kepada manusia melalui Musa sebagai perantara.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah 10 hukum taurat dan 10 perintah Allah baik di gereja Katolik maupun Kristen adalah hal yang berbeda? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: RHK 10 Februari 2023: Semua Baik, Cek Renungan Harian Kristen dan Doa Singkat Hari Ini

Pada dasaranya, 10 hukum taurat dan 10 perintah Allah merupakan hal yang sama yaitu perintah Tuhan dan diberikan kepada bangsa Israel melalui perantaraan Musa di Gunung Sinai.

10 hukum taurat ini ditulis dalam dua loh batu. Perintah taurat satu sampai empat tertulis pada loh batu pertama dan kelima hingga kesepuluh pada loh batu kedua.

Adapun 10 hukum taurat atau 10 perintah Allah ini, keduanya tercantum dalam kitab perjanjian lama yaitu Keluaran 20: 2-17 dan Ulangan 5: 6-21.

Perbedaan antara 10 hukum taurat dan 10 perintah Allah ini hanya terletak dari penggunaan diksi dan frasanya saja. Secara inti dan makna adalah sama.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x