Berpikir Komputasional Yaitu Apa dan Cara Berpikir untuk Apa? Ini Karakteristik Berpikir Komputasional

- 4 Februari 2023, 11:53 WIB
ilustrasi -Penjelasan tentang berpikir kompitasional yaitu apa dan cara berpikir untuk apa dilengkapi karakteristik bepikir kompitasional.
ilustrasi -Penjelasan tentang berpikir kompitasional yaitu apa dan cara berpikir untuk apa dilengkapi karakteristik bepikir kompitasional. /PIXABAY/Tumisu

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari info tentang berpikir komputasional yaitu apa dan cara berpikir untuk apa. Simak penjelasan dan karakteristik bepikir kompitasional berikut ini.

Computational Thinking atau berpikir komputasional merupakan perkembangan cara berpikir manusia di tengah perkembangan teknologi informasi.

Mengutip smpn1salatiga.sch.id, saat ini perkembangan teknologi memaksa manusia untuk berpikir cepat dan praktis. 

Berpikir komputasional yaitu metode pemecahan masalah dengan menerapkan teknologi ilmu komputer atau informatika. 

Baca Juga: Apa Itu Berpikir Diakronik dan Sinkronik? Ini Pengertian dan Contoh Peristiwanya

Tak hanya itu, nerpikir komputasional juga dapat diartikan sebagai konsep tentang cara menemukan masalah yang ada di sekitar, dengan mengamati lalu mengembangkan solusi pemecahan masalah. 

Sementara itu, dikutip dari unika.widyamandala.ac.id, berpikir komputasional sebenarnya merupakan kemampuan dasar untuk setiap orang.

Artinya, berpikir komputasional bukan cuma dimiliki oleh orang-orang yang berkutat dalam studi komputer-sains.

Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk pemecahan masalah, mendesain sistem dan memahami perilaku manusia, dengan menggambar konsep berdasarkan komputer sains. 

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: smpn1salatiga.sch.id unika.widyamandala.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah