Novel Salah Asuhan Menceritakan Tentang Apa? Begini Sinopsis Novel Karya Abdul Muis

- 2 Februari 2023, 15:43 WIB
Cover novel "Salah Asuhan" karya Abdoel Moeis *)
Cover novel "Salah Asuhan" karya Abdoel Moeis *) /

BERITA DIY - Simak penjelasan novel Salah Asuhan menceritakan tentang apa berikut ini. Dilengkapi dengan sinopsis novel karya Abdul Muis tersebut.

Novel Salah Asuhan merupakan novel lawas yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Ini merupakan buah karya dari penulis Abdul Muis.

Salah Asuhan menjadi novel yang diterbitkan Balai Pustaka pada 1928. Novel Salah Asuhan ini setidaknya sudah dicetak 36 kali, hingga tahun 2008.

Mengutip ensiklopedia.kemdikbud.go.id, novel Salah Asuhan ini menceritakan tentang kisah percintaan antara laki-laki pribumi dengan peremupan keturunan Perancis.

Baca Juga: Sinopsis Novel Jalan Tak Ada Ujung Dilengkapi Nilai-nilai yang Terkandung, Link Download PDF Dicari

Novel Salah Asuhan ini menceritakan pemuda Minangkabau bernama Hanafi. Ia sejak kecil ditinggal meninggal ayahnya.

Hidup dengan sang ibu, Hanafi pun dikirim ke Batavia untuk bersekolah di sekolahan Belanda. Hanafi dititipkan dengan keluarga Belanda.

Seiring berjalannya waktu, Hanafi tumbuh dengan kebiasaan Barat. Ia bertemu dan jatuh cinta pada perempuan keturunan Prancis bernama Corrie du Burse. 

Singkat ceita, Hanafi rela melepaskan semua atribut keindonesiannya. Dia melepaskan namanya, kasih sayang ibunya, adat-istiadat Minangkabau, agamanya, dan tanah airnya, Indonesia. 

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: Kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x