Kapan Puasa Ramadhan 2023 Menurut Muhammadiyah dan NU, Berapa Hari Lagi dari Sekarang?

- 31 Januari 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi - Kapan puasa Ramadhan 2023 menurut Muhammadiyah dan NU, serta berapa hari lagi menuju bulan Ramadhan.
Ilustrasi - Kapan puasa Ramadhan 2023 menurut Muhammadiyah dan NU, serta berapa hari lagi menuju bulan Ramadhan. /PIXABAY/@chiplanay

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai kapan puasa Ramadhan 2023 menurut Muhammadiyah dan NU, serta berapa hari lagi menuju bulan Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan tahun 2023 segera tiba. Kapan mulai puasa menurut Muhammadiyah dan NU mulai banyak dicari oleh warganet.

Jika dilakukan perhitungan mundur dari jadwal hari raya Idul Fitri yang ditetapkan sesuai Surat Keputusan Bersama atau SKB 3 Menteri, maka awal puasa Ramadhan 2023 jatuh pada tanggal 22 Maret 2023.

Masih ada 50 hari lagi untuk mempersiapkan diri sebelum bulan suci Ramadhan 2023 bagi umat muslim. Dihimbau untuk menunggu pengumuman resmi dari Muhammadiyah atau NU untuk tanggal tepatnya bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Niat Mengqadha Puasa Ramadhan di Bulan Rajab 2023, Yuk Bayar Utang Puasa Ramadhan di Bulan Rajab

Sementara itu, menurut pakar astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ada perbedaan penetapan Idul Fitri 2023 mendatang

Sebagai informasi, Muhammadiyah selama ini menetapkan metode hisab untuk menentukan awal Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dan Tahun Baru Islam.

Sementara itu, pemerintah bersama NU dan organisasi keagamaan lain menggunakan metode rukyat atau melihat bulan.

Walaupun ada kemungkinan berbeda dalam penetapan Hari Raya Idul Fitri penetapan awal Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriyah cenderung sama yakni jatuh pada 23 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: NU Blitar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x