Bagaimana Karakteristik Kelas Interaktif? Ini Penjelasan Dilengkapi Strategi Pembelajaran Interaktif

- 19 Januari 2023, 12:07 WIB
Ilustrasi. Cek di sini penjelasan bagaimana karakteristik kelas interaktif. Dilengkapi juga strategi pembelajaran interaktif.
Ilustrasi. Cek di sini penjelasan bagaimana karakteristik kelas interaktif. Dilengkapi juga strategi pembelajaran interaktif. /PEXELS/@Max Fischer

BERITA DIY - Berikut penjelasan bagaimana karakteristik kelas interaktif. Dilengkapi juga strategi pembelajaran interaktif.

Kelas interaktif merupakan tujuan dari proses pembelajaran. Di kelas interaktif, proses pembelajaran tidak berlangsung 1 arah, hanya dari guru saja.

Keterlibatan siswa dalam kelas interaktif ini merupakan hal yang utama. Seperti namanya, kelas interaktif ini berarti ada interaksi antara guru dengan siswa.

Namun tak dipungkiri untuk menciptakan kelas interaktif dalam suatu pembelajaran bukan hal yang mudah. Guru perlu menyiapkan strategi khusus agar siswanya aktif.

Baca Juga: Contoh Eksplorasi Penyebab Masalah LK 1.2 Tahun 2022 PPG Daljab Disertai Kajian Literatur

Dikutip dari ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, pembelajaran interaktif merupakan metode pembelakaran yang mengutamakan komunikasi dua arah.

Oleh karena itu strategi pembelajaran harus disiapkan secara matang. Guru ketika memberikan materi harus menjadi aktor utama dalam menciptakan suasana interaktif.

Siswa harus terlibat secara total dalam proses pembelajaran interaktif. Hal ini harus melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan psikomotor. 

Guru pun harus memberikan edukasi agar dalam proses pembelajaran interaktif ini, siswa terus menyimak.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: Kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah