Apa Itu Digital Minimalist? Ini Tips dan Cara Mengatasi Kesepian Meski Punya Banyak Teman di Sosial Media

- 4 Januari 2023, 16:16 WIB
Potret media sosial masa kini, merasa kesepian ketika banyak teman di media sosial dapat diatasi dengan solusi Digital Minimalist.
Potret media sosial masa kini, merasa kesepian ketika banyak teman di media sosial dapat diatasi dengan solusi Digital Minimalist. /YouTube.com/MaudyAyunda

BERITA DIY – Ketahui apa itu Digital Minimalist sebagai solusi untuk mengatasi kecenderungan merasa kesepian walaupun memiliki banyak teman di media sosial.

Setiap orang pasti pernah merasa penggunaan gadget atau media sosial itu berlebihan. Hampir 24 jam, gadget selalu menemani dalam semua aspek kehidupan, seperti belajar, bekerja, menonton film, menyimak resep untuk memasak, dan lain sebagainya.

Gadget atau media sosial mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan seseorang seperti The Social Media Paradox. Hal itu yang mendasari perasaan seseorang yang memiliki banyak teman di sosial media, tetapi merasa sendirian di dunia nyata. Cara mengantisipasinya adalah dengan meminimalisir penggunaan gadget atau digital minimalist.

Digital Minimalist merupakan orang yang menggunakan teknologi hanya saat bermakna dan mendukung nilai-nilai hidupnya, apabila tidak mendukung nilai kehidupannya, maka perlu dihindari saja. Hal tersebut juga terdapat dalam Buku Digital Minimalism by Cal Newportcomputer scientist yang merupakan expert di topik produktivitas.

Baca Juga: Viral Arti Lirik Itaneng Tenri Bolo di TikTok, Artinya Lagu Bugis Ini Tentang Sifat Manipulatif Orang Lho

Berikut kiat-kiat yang dapat menunjang Digital Minimalist supaya tidak merasa sendirian ketika memiliki banyak teman di media sosial.

  1. Digital Detox

Merasa sendirian ketika punya banyak teman di media sosial dapat diatasi dengan Digital Detox sebagai langkah awal. Digital Detox yang dilakukan seseorang dapat menunjang proses digital minimalist.

Pada dasarnya, adanya perkembangan teknologi, gadget, dan aplikasi media sosial yang beragam, secara sengaja didesain untuk memakan waktu dan atensi seseorang ketika menggunakannya.

Baca Juga: Arti Kata Mixue Adalah Apa? Begini Arti, Cara Baca, dan Daftar Harga Mixue

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x