Rangkaian Acara Peringatan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Bali: Ada Tumpek Wariga Hingga Hari Penampahan

- 4 Januari 2023, 14:56 WIB
Ilustrasi. – Simak informasi mengenai 6 rangkaian acara peringatan Hari Galungan dan Kuningan di Bali, Ada tradisi Tumpek Wariga hingga Hari Penampahan.
Ilustrasi. – Simak informasi mengenai 6 rangkaian acara peringatan Hari Galungan dan Kuningan di Bali, Ada tradisi Tumpek Wariga hingga Hari Penampahan. /Freepik.com

BERITA DIY – Berikut merupakan 6 rangkaian acara peringatan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Bali yang dapat Anda temukan dalam artikel ini. Rangkaian acara tersebut di antaranya ada Tumpek Wariga dan Hari Penampahan.

Peringatan Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan salah satu hari suci yang dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia. Perayaan sakral tersebut diyakini dapat meningkatkan iman, kekuatan rohani, serta keselamatan dari para Dewa, Bhatara, dan Pitara.

Umat Hindu merayakan Hari Raya Galungan enam bulan sekali atau setiap 210 hari berdasarkan kalender Bali. Pada tahun 2023, Hari Raya Galungan jatuh pada hari ini Rabu, 4 Januari 2023. Berjarak sepuluh hari, pada Sabtu 14 Januari 2023 barulah dilaksanakan Hari Raya Kuningan.

Hari Raya Galungan diperingati sebagai hari kemenangan Dharma (kebaikan) melawan aDharma (keburukan). Selain itu, Hari Raya Galungan juga diperingati sebagai bentuk syukur atas terciptanya alam semesta dengan seluruh isinya.

Baca Juga: 25 Link Twibbon Hari Raya Galungan dan Kuningan Terbaru, Cocok untuk Status atau Foto Profil Media Sosial

Sementara itu, Hari Raya Kuningan diyakini sebagai permohonan keselamatan, kedirgayusan, perlindungan, dan tuntunan lahir bathin dari para Dewa, Bhatara, dan para Pitara.

Dalam perayaan kedua hari besar tersebut, biasanya umat Hindu di Bali akan mengadakan serangkain acara persembahyangan di rumah masing-masing kemudian dilanjutkan dengan ibadah ke pura.

Berikut ini merupakan 6 rangkaian acara peringatan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Bali mengutip dari sarimekar-buleleng.opendesa.id:

1. Tumpek Wariga

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x