Apa Perbedaan Hari Raya Galungan dan Kuningan 4-14 Januari 2023? Ini Link Download Twibbon untuk Profil WA

- 3 Januari 2023, 16:50 WIB
Cek perbedaan Hari Raya Galungan dan Kuningan pada 4-14 Januari 2023 di Bali dan link download puluhan Twibbon untuk profil Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok hanya di sini.
Cek perbedaan Hari Raya Galungan dan Kuningan pada 4-14 Januari 2023 di Bali dan link download puluhan Twibbon untuk profil Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok hanya di sini. /Pixabay.com/@Ignartonosbg

BERITA DIY - Simak informasi mengenai apa perbedaan Hari Raya Galungan dan Kuningan Pada 4-14 Januari 2023 dan link download Twibbon untuk profil Whatsapp (WA).

Sebarkan kegembiraan Hari Raya Galungan dan Kuningan, Selamat Hari Raya Galungan bagi umat Hindu yang merayakannya. Buat Twibbon Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023 lalu bagikan di media sosial Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok.

Untuk merayakan Hari raya Galungan dan Kuningan 2023, macam-macam twibbon yang telah dirangkum BeritaDIY akan disajikan di akhr artikel ini, simak terus ya.

Hari Raya Galungan akan diperingati kembali pada Rabu, 4 Januari 2023. Seperti juga hal yang sama pada Hari Raya Kuningan yang akan jatuh pada Sabtu, 14 Januari 2023. Galungan sendiri diartikan sebagai hari kemenangan dharma atas adharma (kebaikan mengalahkan kebatilan).

Baca Juga: Kumpulan 15 Ucapan Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan 2023 dalam Bahasa Bali Lengkap dengan Terjemahannya

Masyarakat Bali mengenal Galungan saebagai hari Pawedalan Jagat. Menurut cerita yang beredar, Galungan sering dikaitkan dengan pertempuran antara Bhatara Indra dan Mayadanawa. Pertempuran tersebut berakhir dengan kemenangan Bhatara Indra dan dianggap sebagai kemenangan dharma di dunia.

Untuk umat Hindu, makna dari Galungan adalah merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Ketika hari suci tersebut diperingati, biasanya banyak wisatawan mancanegara yang akan datang ke Bali.

Perbedaan Hari Raya Galungan dan Hari Raya Kuningan

Hari Raya Galungan adalah hari yang diperingati setiap 210 hari sekali dan merupakan hari kemenangan roh-roh baik atas roh-roh jahat. Pada Hari Raya Galungan, masyarakat Hindu Bali akan mengadakan upacara dan pujian kepada para leluhur yang telah meninggal.

Sementara itu, Hari Raya Kuningan diperingati setelah 10 hari dari Hari Suci Galungan dan merupakan bagian dari upacara yang disebut Penampahan Galungan. Hari Raya Kuningan diadakan untuk merayakan kembalinya para dewa dan leluhur ke surga setelah bertemu dengan keturunannya.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x