Cuaca Ekstrem, Ini Daftar Wilayah yang Perlu Diwaspadai saat Natal dan Tahun Baru 2023

- 22 Desember 2022, 18:15 WIB
Ilustrasi - BMKG sampaikan daftar wilayah di Indonesia yang diperkirakan perlu diwaspadai jelang natal dan tahun baru 2023.
Ilustrasi - BMKG sampaikan daftar wilayah di Indonesia yang diperkirakan perlu diwaspadai jelang natal dan tahun baru 2023. /PEXELS/greg-1251451

BERITA DIY – Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Indonesia diperkirakan terjadi jelang natal dan tahun baru 2023. Masyarakat dihimbau untuk waspada.

Hal tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Selasa, 20 Desember 2022 dalam konferensi pers yang digelar secara virtual dan diunggah oleh akun instagram @infobmkg.

Berdasarkan data analisis cuaca terbaru, Dwikorita Karnawati, selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa akan ada potensi signifikan dinamika atmosfer yang berdampak pada peningkatan curah hujan selama sepekan ke depan.

Dalam konferensi pers dengan tema “Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Wilayah Indonesia Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023”, BMKG menyebutkan beberapa wilayah di Indonesia yang perlu diwaspadai adanya peningkatan curah hujan akibat dinamika atmosfer.

Baca Juga: Cuaca Hari Kamis 10 November 2022, Upacara Hari Pahlawan Hujan atau Tidak, Ini Prakiraan BMKG

"Dari monitoring yang dilakukan BMKG, kami mendeteksi perkembangan kondisi cuaca yang sangat berpotensi untuk menjadi ekstrem," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dikutip dari ANTARA 21 Desember 2022.

Potensi siaga berdasarkan prakiraan berbasis dampak yang disampaikan BMKG terjadi pada periode 21-23 Desember 2022. Beberapa wilayah tersebut, diantaranya:

  1. Sebagian wilayah Aceh
  2. Sebagian wilayah Sumatera Utara
  3. Sebagian wilayah Riau
  4. Sebagian wilayah Jawa Barat
  5. Sebagian wilayah Jawa Tengah
  6. Sebagian wilayah Jawa Timur
  7. Sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur
  8. Sebagian wilayah Kalimantan Barat
  9. Sebagian wilayah Kalimantan Timur
  10. Sebagian wilayah Kalimantan Utara
  11. Sebagian wilayah Maluku
  12. Sebagian wilayah Papua

Baca Juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta pada Jumat 7 Oktober 2022 Hari Ini: Daerah Mana Saja Diprediksi Turun Hujan?

Selanjutnya, khusus pada tanggal 24 Desember 2022, wilayah yang memiliki potensi siaga perlu diwaspadai di sebagian wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x