Tanggal 12 November 2022 Memperingati Hari Ayah, Ini Alasan Mengapa Ada Hari Ayah dan Cara Merayakannya

- 11 November 2022, 20:55 WIB
Illustrasi. Tanggal 12 November memperingati Hari Ayah Nasional ini sejarah Hari Ayah dan cara merayakan dengan seerhana.
Illustrasi. Tanggal 12 November memperingati Hari Ayah Nasional ini sejarah Hari Ayah dan cara merayakan dengan seerhana. /Unsplash/Kelly Sikkema

BERITA DIY - Hari esok pada Sabtu, 12 November 2022 akan diperingati Hari Ayah, simak alasan mengapa ada hari Ayah dan cara merayahakan Hari Ayah.

Setiap tahun di tanggal 12 November sejak tahun 2006 ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional di maas pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Hari Ayah ini memang tidak seramai saat perayaan Hari Ibu namun tentu dalam penetapan Hari Ayah memiliki substansi.

Sosok ayah dalam keluarga merupakan salah satu pondasi penting dalam berlangsungnya rumah tangga. Segala bentuk tindakannya termasuk mengerjakan tanggung jawab dan memenuhi hak patut untuk diapresiasi. 

Sejarah Hari Ayah

Baca Juga: 10 Kumpulan Ucapan Selamat Hari Ayah Nasional 12 November 2022 Menyentuh Hati Cocok Dibagikan ke Sosmed

Mengutip dari semarangkota.go.id Hari Ayah diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Tahun 2006 PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan mengadakan sayembara, kemudian disusul dengan pertanyaan  dari peserta “kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah? Kapan peringatan Hari Ayah?”

Berawal dari situlah kemudian PPIP melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta. PPIP menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia dan jika belum ditetapkan, bolehkan seorang Lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah.

Setelah kemudian dikaji, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai peringatan Hari Ayah Nasional.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x