Penyebab Gagal Ginjal Akut pada Anak, Benarkah Karena Obat Sirup? Kenali Juga Gejala-gejalanya

- 22 Oktober 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi - Informasi penyebab gagal ginjal akut pada anak beserta gejala dan obat sirup yang dilarang oleh Kemenkes dan BPOM.
Ilustrasi - Informasi penyebab gagal ginjal akut pada anak beserta gejala dan obat sirup yang dilarang oleh Kemenkes dan BPOM. /UNSPLASH/@averey

BERITA DIY - Ketahui penyebab gagal ginjal akut pada anak benarkah apakah karena obat sirup lengkap dengan gejala-gejala yang dapat diketahui sebelumnya.

Penyakit gagal ginjal akut pada anak belakangan menjadi salah satu penyakit yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat, karena diketahui merebak di sejumlah wilayah di Indonesia.

Berdasarkan pada konferensi pers yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan atau Kemenkes pada Jumat 21 Oktober 2022 terhitung telah terdapat 241 kasus gagal ginjal pada anak di Indonesia.

Dari jumlah 241 kasus gagal ginjal akut pada anak yang terjadi di Indonesia tersebut disebutkan bahwa sejumlah 133 anak mengalami meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut Meningkat Orang Tua Diimbau Jangan Panik, Ini 8 Gejala Gagal Ginjal Anak dan Cara Pencegahan

Selain itu, pihak Kemenkes juga terus melakukan pengembangan mengenai temuan penyakit gagal ginjal anak yang sudah terjadi dan dialami di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satunya yang dilakukan oleh Kemenkes adalah dengan melakukan penyelidikan dan penelitian mengenai apa sebenarnya penyebab hingga terjadinya penyakit tersebut.

Salah satu dugaan mengenai penyebab dari terjadinya penyakit gagal ginjal akut pada anak ini adalah mengenai zat atau senyawa yang terdapat di dalam sejumlah obat sirup yang diketahui.

Dugaan mengenai adanya zat yang terdapat dalam obat sirup tersebut seperti yang telah dirilis oleh Kemenkes yaitu terdiri dari zat Diethylene Glicol, Ethylen Glicol, dan juga Ethylen Glicol Butyl Ener.

Baca Juga: Gejala Gagal Ginjal Akut Anak dan Daftar Obat Sirup yang Ditarik BPOM, Orang Tua Harus Waspada

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x