Apa Itu Sosok Banaspati? Simak Penjelasan Lengkap Asal Usul, Jenis dan Kelemahan di Sini

- 17 September 2022, 17:05 WIB
Ilustrasi - Berikut penjelasan mengenai apa itu sosok Banaspati, lengkap dengan asal usul serta kelemahan dari sosok banaspati yang dikenal masyarakat.
Ilustrasi - Berikut penjelasan mengenai apa itu sosok Banaspati, lengkap dengan asal usul serta kelemahan dari sosok banaspati yang dikenal masyarakat. /UNSPLASH/@pcbulai

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu sosok Banaspati, lengkap dengan asal usul serta kelemahan dari banaspati tersebut.

Bagi masyarakat Indonesia terutama yang berada di pulau Jawa tentunya tidak asing dengan nama banaspati.

Banaspati merupakan salah satu sosok makhluk astral sejenis jin yang identik dengan api dan dipercaya membawa malapetaka bagi manusia.

Diketahui banaspati memiliki asal usul yang berbeda dari setiap daerahnya, namun berikut akan dijelaskan sejarah banaspati berdasarkan mitologi kuno India.'

Baca Juga: Apa Itu Productive Procrastination? Lengkap dengan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Banaspati di Jawa Timur disebut dengan nama Kirtimukha, di mana berdasarkan mitologi kuno Kirtimukha tercipta dari amarah Dewa Siwa.

Kirtimukha digambarkan sebagai makhluk mengerikan yang tidak pernah puas dan selalu lapar.

Diketahui banaspati di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis yang berbeda berdasarkan elemen alam yang dimiliki, simak ketiganya di bawah ini:

1. Banaspati geni (Api)

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x