Apa Itu Ketombe? Ini 4 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Mudah Dilakukan

- 15 Agustus 2022, 13:42 WIB
Ilustrasi cara mengatasi ketombe secara alami yang ampuh
Ilustrasi cara mengatasi ketombe secara alami yang ampuh /UNSPLASH/Element5 Digital

BERITA DIY - Masalah ketombe dapat dialami oleh siapapun. Ketombe akan muncul pada orang yang jarang keramas atau tidak menjaga kebersihan rambutnya. Apa itu ketombe? Ketombe merupakan bagian dari kulit kepala yang mengelupas.

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya ketombe. Mulai dari kebersihan kulit kepala yang kurang terjaga, kulit kepala kering, penggunaan produk obat kepala yang tidak cocok, hingga infeksi jamur. Lalu bagaimana cara mengatasi ketombe pada rambut?

Ketombe dapat menimbulkan rasa gatal di kepala dan membuat kurang percaya diri karena membuat baju terlihat kotor oleh ketombe yang rontok.

Jika dibiarkan ketombe dapat menimbulkan masalah lain seperti bercak merah di kulit kepala, dan kulit kesemutan. Lalu bagaimana cara mengatasi ketombe pada rambut? 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami: Lebih Aman dan Efektif

Dilansir BERITA DIY dari situs healthline, Berikut ulasan cara mengobati ketombe pada rambut secara alami yang ampuh dilakukan.

1. Minyak tea tree

Minyak tea tree atau pohon teh sudah terbukti sejak lama dapat mengobati penyakit pada kulit seperti jerawat. Kandungan antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat terbukti dapat membantu mengurangi gejala ketombe.

Fakta lain menyebutkan minyak pohon teh efektif melawan jenis jamur tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x