Cacar Monyet: Gejala, Cara Penularan, dan Pencegahan Penyakit Kulit Jadi Darurat Internasional

- 25 Juli 2022, 10:49 WIB
Ilustrasi - Penyakit cacar monyet mulai dari gejala, ciri-ciri, dan cara penularan penyakit kulit yng jadi darurat global.
Ilustrasi - Penyakit cacar monyet mulai dari gejala, ciri-ciri, dan cara penularan penyakit kulit yng jadi darurat global. /PIXABAY/TheDigitalArtist

BERITA DIY - Kenali penyakit cacar monyet mulai dari gejala, ciri-ciri, dan cara penularan penyakit kulit jadi darurat internasional, ketahui pula cara mencegahnya.

Penyakit kulit cacar monyet telah membuat masyarakat ramai membicarakannya. Pasalnya penyakit ini dapat menular dari hewan ke manusia.

WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan cacar monyet sebagai permasalahan kesehatan darurat yang perlu diperhatikan oleh internasional.

Ketahui informasi gejala, ciri-ciri, dan cara penularan penyakit kulit cacar monyet. Informasi yang akan dijelaskan bersumber dari laman resmi WHO.

Baca Juga: Cacar Monyet Penyakit Apa? Ini Alasan Disebut Cacar Monyet Lengkap Ciri, Gejala, Proses Penularan, dan Obat

Dilansir dari ANTARA, hingga Minggu, 24 Juli 2022 sudah ditemukan 16.000 kasus cacar monyet yang tersebar di 75 negara, dan 5 orang di antaranya meninggal dunia.

Monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox yang merupakan infeksi zoonosis virus, yang berarti dapat menyebar dari hewan ke manusia.

Selain itu, virus tersebut juga dapat menyebar dari manusia ke manusia. Orang yang terkena cacar monyet akan muncul beberapa tanda atau gejala, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Orang dengan penyakit parah, komplikasi, ibu hamil, anak-anak, dan orang dengan kekebalan tubuh rendah akan lebih berisiko untuk terinfeksi penyakit kulit ini.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x