Ada Apa 14 Agustus 2022? Fenomena Puncak Hujan Meteor Perseid Jam Berapa dan Apakah Berbahaya bagi Bumi?

- 14 Agustus 2022, 18:04 WIB
Ilustrasi informasi ada apa pada tanggal 14 Agustus 2022, fenomena puncak hujan meteor Perseid jam berapa dan apakah berbahaya bagi bumi.
Ilustrasi informasi ada apa pada tanggal 14 Agustus 2022, fenomena puncak hujan meteor Perseid jam berapa dan apakah berbahaya bagi bumi. /UNSPLASH/@philbotha

BERITA DIY - Ada apa pada tanggal 14 Agustus 2022 menjadi pertanyaan banyak orang. Simak informasi fenomena puncak hujan meteor Perseid jam berapa dan apakah berbahaya bagi bumi?

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengungkapkan adanya fenomena hujan meteor Perseid pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2022.

Dikutip dari akun Instagram Lapan, hujan meteor Perseid merupakan hujan meteor yang titik radiannya berasal dari konstelasi Perseus.

Hujan meteor ini bersumber dari sisa debu komet 109P/ Swifts-Tuttle. Kecepatan meteor pada hujan meteor Perseid mencapai 212.400 km per jam.

Baca Juga: Kapan Hujan Meteor Perseid 13-14 Agustus 2022 Jam Berapa, Apakah Berbahaya dan Waktu Melihat di Indonesia?

Hujan meteor Perseid memiliki intensitas maksimum sebanyak 100 meteor per jam. Fenomena langit ini dapat disaksikan di wilayah Indonesia.

Fenomena hujan meteor Perseid dapat diamati dengan mata telanjang alias tanpa alat bantu optik. 

Hujan meteor Perseid ini akan berlangsung hingga 25 menit sebelum matahari terbit.

Ada beberapa syarat lokasi yang harus dipenuhi untuk bisa melihat hujan meteor Perseid, di antaranya:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x