Kapan Hujan Meteor Perseid 13-14 Agustus 2022 Jam Berapa, Apakah Berbahaya dan Waktu Melihat di Indonesia?

- 13 Agustus 2022, 10:25 WIB
Ilustrasi - kapan Hujan Meteor Perseid 13-14 Agustus 2022, jam berapa, apakah berbahaya dan waktu melihat di Indonesia?
Ilustrasi - kapan Hujan Meteor Perseid 13-14 Agustus 2022, jam berapa, apakah berbahaya dan waktu melihat di Indonesia? /Pexels.com/Lucas Pezeta

BERITA DIY - Berikut informasi kapan Hujan Meteor Perseid 13-14 Agustus 2022, jam berapa, apakah berbahaya dan waktu melihat di Indonesia?

Salah satu fenomena alam akhir pekan ini akan terjadi hujan meteor Perseid 2022 yang puncaknya diketahui berlangsung tanggal 13-14 Agustus 2022.

Jam berapa puncak hujan meteor Perseid dan kapan waktu yang tepat melihat di Indonesia dan benarkah berbahaya cek di sini.

Dikutip dari Instagram @lapan_ri, Perseid adalah hujan meteor yang titik radiannya berasal dari konstelasi Perseus. Intensitas maksimum hujan meteor ini adalah sebesar 100 meteor/jam.

Baca Juga: Kapan Waktu Hujan Meteor Perseid dan Lokasi Melihat di Indonesia, Salah Satu Fenomena Alam Terkenal

Perseid bersumber dari sisa debu komet 109P/Swifts-Tuttle. Kecepatan meteor pada hujan meteor Perseid ini dapat mencapai 212.400 km/jam.

Sedangkan intensitas cahaya Bulan tidak akan terlalu mempengaruhi pengamatan hujan meteor Perseid. Karena, puncak hujan meteor terjadi saat Bulan sudah terbenam.

Terkait untuk arah hujan meteor Perseid, yang berasal dari sisa debu komet 109P/Swifts-Tuttle dapat disaksikan dari arah timur laut hingga utara.

Hujan meteor Perseid hanya bisa disaksikan sampai fajar bahari berakhir, sekitar 20-30 menit sebelum matahari terbit atau pukul 05.30 waktu setempat.

Baca Juga: Jam Berapa Hujan Meteor di Momen Tahun Baru Islam? Berikut Jadwal dan Daerah yang Bisa Melihat Fenomena Ini

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x