Apa Itu PSE, 1.1.1.1 DNS, Begini Cara Setting di HP dan PC Usai Epic Games dan Steam Diblokir Kominfo

- 30 Juli 2022, 15:28 WIB
Ilustrasi - Apa itu PSE, 1.1.1.1 DNS, dan cara setting di HP dan PC usai Epic Games dan Steam diblokir Kominfo
Ilustrasi - Apa itu PSE, 1.1.1.1 DNS, dan cara setting di HP dan PC usai Epic Games dan Steam diblokir Kominfo /Tangkap Layar Instagram/@epicgames

BERITA DIY - Apa itu PSE, 1.1.1.1 DNS, dan cara setting di HP dan PC usai Epic Games dan Steam diblokir Kominfo sedang banyak dicari orang.

Epic Games dan game Steam merupakan PSE yang diblokir oleh Kementerian Kominfo mulai hari ini, Sabtu, 30 Juli 2022.

Penyebab Epic Games dan Steam diblokir yaitu karena mereka tidak mendaftarkan diri dalam PSE Lingkup Privat yang dibuka Kominfo hingga Jumat, 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB.

Sebagai sanksi Kominfo pun melakukan blokir sementara terhadap PSE yang tidak mendaftarkan diri. Artinya, masyarakat di Indonesia tidak bisa mengaksesnya.

Baca Juga: Game Steam, Dota 2 hingga Counter Strike Resmi Diblokir Kominfo, Ini Penyebab dan Akankah Dibuka Lagi?

Lalu, apa itu PSE? PSE merupakan singkatan dari Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), misalnya penyedia layanan seperti Google, Facebook, aplikasi game dan fintech.

Adapun pendaftaran PSE Lingkup Privat yang dibuka Kominfo didasari Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik (PSE).

Selain itu, upaya pengaturan tersebut juga selaran dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Nah saat ini sedang ramai dibicarakan 1.1.1.1 DNS yang disebut bisa membuka aplikasi hingga situs yang diblokir Kominfo, termasuk Epic Games dan Steam.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x