Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Beserta Bacaan Ayat 1-10 dalam Arab, Latin, dan Artinya

- 15 Juli 2022, 10:15 WIB
Ilustrasi - Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat beserta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat beserta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Bahasa Indonesia. /PIXABAY/@Imenbonoise

BERITA DIY – Berikut merupakan keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat lengkap beserta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan arti Bahasa Indonesia.

Hari Jumat adalah salah satu hari yang istimewa bagi umat Islam. Salah satu dari beberapa keistimewaan hari Jumat ialah sebagaimana tertera dalam salah satu hadits Nabi.

Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah (surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di hari Jumat adalah membaca atau menghafal surat Al-Kahfi.

Surat Al-Kahfi yang juga disebut dengan Ashabul Kahfi adalah surat ke-18 serta juz 15 dalam Al-quran. Surat ini terdiri dari 110 ayat dan termasuk surat-surat Makkiyah.

Baca Juga: Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Beserta Bacaan Ayat 1-10 dalam Arab, Latin dan Artinya

Ada beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan jika kita selalu membaca atau menghafal surat Al-Kahfi. Simak beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi berikut ini dikutip dari laman Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu.

  1. Menghindari diri dari fitnah Dajjal

“Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

  1. Mendapatkan Ridho dari Allah Swt dan Diterangi Cahaya

 “Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.(Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736).”  

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x