Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Beserta Bacaan Ayat 1-10 dalam Arab, Latin dan Artinya

- 8 Juli 2022, 09:30 WIB
Keutamaan membaca Al Quran surat Al-Kahfi saat hari Jumat serta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan artinya.
Keutamaan membaca Al Quran surat Al-Kahfi saat hari Jumat serta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/@Imenbonoise

BERITA DIY – Berikut merupakan keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat beserta bacaan ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan artinya.

Surat Al-Kahfi yang juga disebut dengan Ashabul Kahfi adalah surat ke-18 serta juz 15 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 110 ayat dan termasuk surat-surat Makkiyah.

Hari Jumat merupakan salah satu waktu yang disunnahkan untuk membaca surat Al-Kahfi ayat 1-10 dari tenggelamnya matahari pada hari Kamis hingga menjelang matahari tenggelam di hari Jum'at.

Abdullah bin Umar RA berkata, Nabi SAW brsabda mengenai keutamaan membaca surat Al-kahfi di hari Jumat.

Baca Juga: Bacaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Tulisan Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ "

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Ada sejumlah riwayat yang menyebutkan tentang kemuliaan hari Jumat, salah satu yang terkenal yaitu penciptaan Nabi Adam.

Rasulullah SAW menyebut, Nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan oleh Allah SWT pada hari Jumat dengan penuh kemuliaan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x