Ada Apa Tanggal 14 Juli 2022? Fenomena Supermoon Jam Berapa, Apakah Dapat Dilihat dan Apa Dampak buat Bumi?

- 13 Juli 2022, 13:41 WIB
Ilustrasi nformasi ada apa tanggal 14 Juli 2022 serta penjelasan fenomena supermoon jam berapa, apakah bisa dilihat, dan apa dampaknya buat Bumi.
Ilustrasi nformasi ada apa tanggal 14 Juli 2022 serta penjelasan fenomena supermoon jam berapa, apakah bisa dilihat, dan apa dampaknya buat Bumi. //pexels/George Desipris

BERITA DIY - Ada apa tanggal 14 Juli 2022 sedang menjadi pembicaraan banyak orang. Pada tanggal itu, akan terjadi fenomena supermoon atau Bulan Purnama Rusa Super.

Lalu, jam berapa supermoon terjadi, apakah bisa dilihat, dan apa dampaknya buat Bumi? Simak penjelasan berikut ini.

Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, supermoon merupakan fenomena langit yang biasa terjadi.

Penamaan Bulan Purnama Rusa Super berasal dari Almanak Petani Amerika, karena pada bulan Juli bertepatan dengan rusa jantan muda mulai tumbuh tanduknya.

Baca Juga: Ada Apa Tanggal 14 Juli 2022? Catat Fenomena Supermoon Kapan Terjadi dan Cara Melihat Bulan Purnama Rusa Super

Supermoon kali ini puncaknya terjadi pada Kamis, 14 Juli 2022, sekitar pukul 01.57 WIB dini hari atau 02.57 WITA atau 03.57 WIT. Jarak Bulan di 357.418 km dari Bumi.

Fenomena supermoon atau Bulan Purnama Rusa Super dapat disaksikan tanpa mengunakan alat bantu alias mata telanjang.

Kecuali, bagi yang ingin mengabadikan dalam bentuk foto dan video, maka diperlukan alat bantu seperti kamera.

“Untuk menyaksikan fenomena ini, masyarakat cukup arahkan pandangan sesuai arah terbit hingga terbenamnya bulan pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Fenomena ini bisa diamati tanpa perlu bantuan alat optik apa pun,” kata Andi Pangerang dikutip dari website BRIN pada Rabu, 13 Juli 2022.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x