Daftar Fenomena Astronomi Bulan Juli 2022 Ada Supermoon dan Hujan Meteor: Bisa Dilihat Jam Berapa di Indonesia

- 1 Juli 2022, 16:20 WIB
Ilustrasi - Daftar fenomena astronomi yang terjadi bulan Juli 2022 beserta jam berapa dilihat di Indonesia.
Ilustrasi - Daftar fenomena astronomi yang terjadi bulan Juli 2022 beserta jam berapa dilihat di Indonesia. /FREEPIK/upklyak

BERITA DIY - Berikut daftar fenomena astronomi bulan Juli 2022, ada Supermoon dan hujan meteor. Apa bisa dilihat di Indonesia dan jam berapa?

Penduduk Bumi masih bisa menyaksikan beberapa fenomena astronomi bulan Juli 2022. Terdapat sejumlah peristiwa langit di bulan ini di antaranya Supermoon, bulan baru hingga hujan meteor.

Meskipun begitu, masyarakat bertanya-tanya apakah fenomena astronomi di bulan Juli 2022 bisa disaksikan di Indonesia beserta jam berapa peristiwa tersebut.

Sebelumnya planet sejajar terjadi pada tanggal 24 Juni 2022. Masyarakat di seluruh dunia bisa menyaksikan peristiwa langka setiap 18 tahun itu.

Baca Juga: Fenomena Hujan Meteor Bootid Hari Ini di Wilayah Mana di Indonesia & Jam Berapa? Apakah Hujan Meteor Berbahaya

Kejadian planet sejajar sebelumnya terjadi pada bulan Desember 2004. Lalu fenomena astronomi serupa telah disaksikan oleh penduduk Bumi pada tanggal 24 Juni 2022.

Sementara planet sejajar selanjutnya akan kembali muncul kira-kira 18 tahun mendatang yaitu tahun 2040.

Dilaporkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) formasi planet sejajar 24 Juni 2022 terdiri dari Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus dan satelit bumi Bulan.

Orang dapat melihat peristiwa planet sejajar pada dini hari hingga menjelang matahari terbit. Gugusan pesta langit itu berada di ufuk timur.

Baca Juga: Jam Berapa Fenomena Hujan Meteor Bootid Malam Ini 27 Juni 2022, Bisa Dilihat di Wilayah Mana?

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x